Berita Deddy Corbuzier menjadi mualaf di media online Detik.com dan Okezone.com: analisis framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Muhammad Aswin Yasa (2021) Berita Deddy Corbuzier menjadi mualaf di media online Detik.com dan Okezone.com: analisis framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Aswin Yasa Wicaksono_B91216068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berita Deddy Corbuzier menjadi mualaf di media Detik.com dan Okezone.com menggunakan analisis framing serta bagaimana pesan dakwah sebelum, saat dan sesudah Deddy Corbuzier mualaf di media online Detik.com dan Okezone yang terkandung menurut perspektif dakwah. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis teks media framing model Robert M. Entman yang memiliki empat kerangka analisis yaitu define problem, diagnose causes, make moral judgment, dan treatment recommendation. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media online Detik.com membingkai Deddy Corbuzier sebagai penyebab kegaduhan di media sosial, disamping itu Deddy Corbuzier dibingkai menjadi mualaf karena dinilai ingin menikah, sebab saat itu yang bersangkutan bersama Sabrina. Tetapi Media online Okezone.com membingkai Deddy Corbuzier menjadi mualaf sebagai seseorang yang diam-diam tengah belajar agama Islam, sebagai seseorang yang belajar dengan ikhlas berbuat kebaikan untuk orang lain tanpa pamrih, dan yang mengingatkan untuk tidak menyiksa hewan. Framing yang digunakan oleh media online Detik.com dan Okezone.com adalah bertujuan untuk mencari tahu alasan Deddy Corbuzier mualaf, walaupun pembahasan berita dikaitkan dengan perempuan, alasan menikah, dan tidak menyiksa hewan, tetapi juga ditambahkan kalimat tentang alasan mualaf Deddy Corbuzier dalam berita yang diteliti oleh peneliti. Berita yang sudah diteliti ternyata mampu memberikan pesan dakwah yang Islami, dari enam berita yang masing-masing dari Detik.com 3 berita dan okezone.com 3 berita ini pesan dakwah yang disampaikan adalah seorang Muslim harus baik, ikhlas, dan tidak menyiksa makhluk ciptaan Allah SWT. Rekomendasi untuk pembaca pengamat diharapakan selalu up to date mengenai informasi dan berita yang terbaru melalui media offline ataupun online dan untuk peneliti untuk memberikan sumbangsih yang bisa dimanfaatkan masyarakat, penelitian ini diharapkan masih terus berlanjut oleh peneliti lain sehingga semakin lengkap, sempurna, dan komprehen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Muhammad Aswin Yasaaswiwicaksono@gmail.comB91216068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Framing; Media Online; Deddy Corbuzier Mualaf.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Aswin Yasa Wicaksono
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:40
Last Modified: 15 Feb 2021 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46479

Actions (login required)

View Item View Item