Sejarah perkembangan yayasan Al-Mursyidin Semolowaru Surabaya (1974-2019)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Mohammad Yufian Putra (2020) Sejarah perkembangan yayasan Al-Mursyidin Semolowaru Surabaya (1974-2019). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Yufian Putra Pratama_A02216033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verivikasi, interpretasi dan histeriografi. Pendekatan yang digunkan menggunakan pendekatan Historis, yaitu suatu langkah atau cara untuk merekontruksi dan menggambarkan suatu peristiwa di masa lampau. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori social-institution (lembaga kemasyarakatan), yaitu himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1). Yayasan Al-Mursyidin awal mulanya bernama Yayasan Pendidikan Islam Raden Patah yang didirikan pada tahun 1974 oleh bapak H.Abdul Fatah di wilayah Semolowaru Surabaya, yang berawal atas dasar keluh kesah masyarakat sekitar terhadap kurangnya sekolah Islam yang ada di Semolowaru. (2). Yayasan Al-Mursyidin mengalami perkembangan dari segi aspek-aspek kelembagaannya. Dari yang awal mula berfokus kepada lembaga pendidikan. Sekarang mempunyai 3 lembaga, yaitu lembaga pendidikan lembaga keagamaan, dan lembaga sosial. (3). Lembaga yang terdapat di Yayasan Al-Mursyidin mempunyai unit-unit usaha yang dinaungi oleh Yayasan Al-Mursyidin, antara lain: TK Raden Patah, SD Raden Patah, TPQ Al-Mursyidin, TK Al-Mursyidin, PAUD Al-Mursyidin, Ta’mir Al-Mursyidin, Panti Asuhan As-Salamun.Dari semua unit-unit usaha yang terdapat di Yayasan Al-Murysidin menjadi penggerak perkembangan sarana-prasarana yang terdapat di Yayasan Al-Mursyidin. Sehingga yayasan Al-Mursyidin dapat berkembang hingga saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Mohammad Yufian Putratatsuyamapratama@gmail.comA02216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Lembaga; Yayasan; Pendidikan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohammad Yufian Putra Pratama
Date Deposited: 23 Feb 2021 12:11
Last Modified: 23 Feb 2021 12:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46492

Actions (login required)

View Item View Item