Eksistensi pedagang pasar tradisional Mleto di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya pada masa pandemi COVID-19 dalam perspektif teori tindakan sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Nita Zarotul (2021) Eksistensi pedagang pasar tradisional Mleto di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya pada masa pandemi COVID-19 dalam perspektif teori tindakan sosial Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nita Zarotul Nisa_I73217038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini yakni tentang bagaimana eksistensi pedagang pasar tradisional Mleto di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo Surabaya pada masa pandemi COVID-19. Selanjutnya mengenai bagaimana strategi bertahan hidup pedagang pasar pasar tradisional Mleto di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo Surabaya pada masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisa Eksistensi Pedagang Pasar Tradisional Mleto Di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya Pada Masa Pandemi COVID-19 ialah teori Tindakan Sosial Max Weber. Dari hasil penelitian ini di temukan bahwa eksistensi pedagang pasar tradisional Mleto pada masa pandemi COVID-19 sangatlah penting terutama untuk pembeli atau pengunjung dan pedagang. Alasannya karena lokasi pasar tradisional Mleto yang dekat dengan pemukiman warga Mleto dan harga barang yang di jual oleh pedagang juga murah dan relatif terjangkau.Kemudian strategi bertahan hidup pedagang pasar Mleto pada masa pandemi COVID-19 yakni dibagi menjadi tiga ketegori yakni strategi aktif, pasif dan strategi jaringan. Strategi aktif, tindakan strategi bertahan hidup pedagang pasar tradisional Mleto di Kelurahan Klampis Ngasem, Kecamatan Sukolilo, Surabaya pada masa pandemi COVID-19 yang masuk ke dalam kategori strategi aktif yakni dengan cara menjaga kualitas atau mutu barang dagangan, menambah jenis barang dagangan, memberikan diskon, dan mengurangi jumlah barang dagangan. Selanjutnya untuk strategi pasif ialah salah satu tindakan strategi bertahan hidup pedagang pasar tradisional Mleto pada masa pandemi COVID-19 adalah dengan cara mengurangi pengeluaran sehari – hari dalam keluarga. Kemudian untuk strategi jaringan, berkaitan dengan tindakan strategi bertahan hidup pedagang pasar tradisional Mleto pada masa pandemi COVID-19 yakni dengan cara menyediakan layanan pesan antar barang dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Nita Zarotulnitazahrotul0@gmail.comI73217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Keywords: Eksistensi; Pedagang;Pasar Tradisional; Masa Pandemi COVID-19.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nita Zarotul Nisa
Date Deposited: 15 Feb 2021 12:29
Last Modified: 15 Feb 2021 12:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46495

Actions (login required)

View Item View Item