الإضافة ومعانيها في سورة يٰس (دراسة نحوية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfah, Silvie Afifatuz (2021) الإضافة ومعانيها في سورة يٰس (دراسة نحوية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvie Afifatuz Zulfah_A91217137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang idhofah dalam surah yasin. Idhofah adalah suatu hubungan 2 kata yang melahirkan makna, dan mewajibkan hukum jer pada isim yang kedua, yang pertama disebut mudhof yang kedua mudhof ilaih. Surah yasin merupakan termasuk surah yang familiar bagi umat islam, dan dalam surah yasin ini banyak mengandung keutamaan-keutamamaannya. Dari sinilah penulis tertarik memilih surah yasin dikarenakan setahu kami belum ada penelitian yang membahas tentang idhofah dalam surah yasin secara spesifik yang membahas idhofah maknawiyah dan idhofah lafdziyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, pertama, Apa saja macam-macam idhofah dalam surah yasin. Kedua, Bagaimana makna idhofah dalam surah yasin. Dalam penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Dan pendekatan yang diguanakan peneliti ini yakni pendekatan teori sintaksis yang merupakaan pendekatan pada analisis Bahasa, Sehingga peran ilmu nahwu menjadi sangat penting dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini terdapat berbagai macam-macam idhofah dalam surah yasin yang terbagi menjadi 2 yakni idhofah maknawiyah dan idhofah lafdliyah. Adapun dalam surah yasin ini terdapat 55 data idhofah. idhofah maknawiyah jumlahnya terdapat 52 data yang ditemukan, sedangkan idhofah lafdiyah jumlahnya terdapat 3 data yang ditemukan dalam surah yasin. Dan adapun makna idhofah terbagi menjadi 4 makna yakni idhofah lamiyah, idhofah dzorfiyah, idhofah bayaniyah dan idhofah tasybihiyah. Sedangkan makna idhofah yang ditemukan dalam surah yasin yakni jumlahnya terdapat idhofah lamiyah 36 data, idhofah bayaniyah 16 data. Sedangkan dzorfiyah dan tasybihiyah tidak di temukan dalam surah yasin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfah, Silvie Afifatuzsilvi.afifahzulfah@gmail.comA91217137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarda, Abuabudarda@uinsby.ac.id2018125501
Subjects: Al Qur'an
Sastra
Linguistik
Keywords: Surah Yasin; Idhofah dan makna.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Silvie Afifatus Zulfah
Date Deposited: 16 Feb 2021 11:46
Last Modified: 16 Feb 2021 11:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46496

Actions (login required)

View Item View Item