Analisis proses berpikir lateral peserta didik dalam menyelesaikan masalah bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakdiyah, Divatus (2020) Analisis proses berpikir lateral peserta didik dalam menyelesaikan masalah bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Divatus Sakdiyah_D04216005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir lateral jika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Peneliti menganalisis proses berpikir lateral peserta didik menggunakan tes menyelesaikan masalah bangun ruang dengan melihat indikator-indikator berpikir lateral. Indikator dari berpikir lateral yaitu mengenali ide dominan dari masalah yang dihadapi, mencari cara-cara lain dalam memandang permasalahan, mengurangi kendali cara berpikir yang kaku, dan memakai ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes menyelesaikan masalah matematika, dan wawancara. Tempat penelitian dalam penelitian ini adalah MTs Negeri 1 Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini ada 2 tiap gaya kognitif field dependent dan field independent. Data hasil tes kemudian dijadikan pedoman untuk mendeskripsikan data dan menganalisis data. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka diperoleh simpulan bahwa proses berpikir lateral peserta didik field independent hanya memenuhi dua tahapan indikator berpikir lateral dan peserta didik field dependent hanya memenuhi satu tahapan indikator berpikir lateral. Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent mampu melakukan tahap mengenali ide dominan dari masalah yang dihadapi. Tetapi pada tahap mencari cara-cara lain dalam memandang permasalahan, tahap mengurangi kendali cara berpikir yang kaku, tahap memakai ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru masih belum mampu. Peserta didik dengan gaya kognitif field independent mampu melakukan tahapan pada kedua berpikir lateral yaitu tahap mengenali ide dominan dari masalah yang dihadapi dan memakai ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Tetapi pada tahap mencari cara-cara lain dalam memandang permasalahan dan mengurangi kendali cara berpikir yang kaku masih belum mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakdiyah, Divatusdivatussakdiyah@gmail.comD04216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Proses Berpikir Lateral; Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang; Gaya Kognitif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DIVATUS SAKDIYAH
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:55
Last Modified: 16 Feb 2021 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46510

Actions (login required)

View Item View Item