Reforestasi sebagai bentuk investasi untuk peradaban: kajian pemaknaan hadis dalam Musnad Ahmad Ibn Hanbal Nomor Indeks 12986

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifa, Rifatul (2020) Reforestasi sebagai bentuk investasi untuk peradaban: kajian pemaknaan hadis dalam Musnad Ahmad Ibn Hanbal Nomor Indeks 12986. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifatul Afifa_E95216041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam yang pada dasarnya merupakan agama yang bukan hanya peduli akan hubungan manusia dengan Tuhan ataupun manusia dengan sesamanya, tapi Islam juga memperhatikan eksistensi alam yang merupakan bagian vital dalam menyokong kehidupan manusia. Reforestasi merupakan bentuk penghutanan kembali wilayah hutan yang sebelumnya terdegradasi atau rusak melalui regenerasi vegetasi baik secara alami maupun buatan. Reforestasi merupakan kewajiban bagi manusia, dimana manusia mengambil segala kebutuhan hidup dari alam, baik dari daratan maupun lautan, segala bentuk makanan dan minuman, pemenuhan kebutuhan hidup dari yang mendasar sampai untuk foya-foya, karenanya muncullah deforestasi yang disebabkan oleh keserakahan manusia yang tiada habisnya. Karena itu reforestasi darang sebagai bentuk solusi untuk degradasi hutan yang disebabkan oleh tangan jahil manusia. Penelitian tentang reforestasi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data dari kajian pustaka dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi untuk menganalisis kajian reforestasi yang dijelaskan dalam kajian terdahulu yang difokuskan pada penelusuran dan kajian hadis Nabi Muhammad. Fokus utamanya adalah penilaian terhadap kualitas, kehujjahan dan pemaknaan hadis reforestasi pada hadis Musnad Ahmad ibn Hanbal nomor indeks 12986. Kemudian data yang diperoleh dipantau dan dikumpulkan dengan metode takhrij, i’tibar, kritik sanad dan matan serta teori reforestasi. Pada kesimpulan akhir penelitian ini ditemukan kejelasan bahwa hadis reforestasi adalah hadis maqbul (diterima), dapat dijadikan hujjah dan juga harus diamalkan karena hadis tersebut termasuk hadis shahih dan merupakan hadis muhkam yang dapat diamalkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifa, Rifatulrifatulafifa05@gmail.comE95216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi Sucipto, Mohammadhadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Investasi
Islam > Peradaban
Hadis
Keywords: Reforestasi; Kehujjahan; Keshahihan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Rifatul Afifa
Date Deposited: 01 Apr 2021 02:04
Last Modified: 01 Apr 2021 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46511

Actions (login required)

View Item View Item