قيم الشعر في شعر "يا للوطن" لشيخ الحاج عبد الوهاب حسب الله

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Laili Fatkhia (2021) قيم الشعر في شعر "يا للوطن" لشيخ الحاج عبد الوهاب حسب الله. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Fatkhia Rosyida_A91217115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syair adalah salah satu jenis karya sastra kebanggaan bangsa Arab. Syair tentu mengandung kearifan lokal dan juga memiliki tujuan tertentu yang dibuat oleh seorang pengarang. Sama halnya seperti syair masa Jahili, syair Ya La al Watan juga memiliki tujuan untuk para pendengar dan pembacanya. Syair Ya La al Watan adalah syair yang dikarang oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah pada masa pra-kemerdekaan dengan tujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air untuk seluruh penduduk bangsa Indonesia. Syair ini memiliki keindahan makna yang luar biasa dalam setiap baitnya, hal ini bisa dilihat bagaimana pengarang memadukan makna syair yang menceritakan keadaan sosial pada masa itu dan mengandung nilai-nilai sastra didalamnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana syarah atau penjelasan syair pada syair Ya La al Watan karangan KH. Abd Wahab Hasbullah?, Kedua, nilai apa saja yang terkandung dalam syair Ya La al Watan karangan KH. Abd Wahab Hasbullah?. Dalam menganalisis nilai-nilai sastra yang terkandung dalam syair ini tentu dibutuhkan sebuah teori yang dapat membantu peneliti dalam menganalisis data. Teori yang dipakai oleh peneliti adalah teori Sosiologi Sastra. Sosiologi sastra adalah pemahaman terhadap karya sastra yang berhubungan dengan aspek kemasyarakatan.Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Peneliti membaca, menganalisis, dan mengklasifikasikan hasil penelitian sesuai dengan hasil yang diinginkan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa syair Ya La alWatan adalah syair nasionalisme yang mengandung nilai-nilai sastra diantaranya: nilai sosial, nilai pendidikan, nilai cinta tanah air, nilai keindahan, dan juga nilai filosofis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Laili Fatkhiafatkhialaili18@gmail.comA91217115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Subjects: Linguistik
Keywords: Nilai-Nilai Sastra; Syair; Ya La al-Watan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: laili fatkhia rosyida
Date Deposited: 16 Feb 2021 09:29
Last Modified: 16 Feb 2021 09:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46513

Actions (login required)

View Item View Item