Pengaruh total aset, tingkat solvabilitas, dan Opini Audit pada Audit Delay: studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Oktavianda Reyna Devia (2021) Pengaruh total aset, tingkat solvabilitas, dan Opini Audit pada Audit Delay: studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktavianda Reyna Devia Maharani_G72217046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan perusahaan yang telah go public di era 4.0 menimbulkan persaingan diantara beberapa emiten. Salah satu cara untuk menilai apakah perusahaan go-public tersebut memiliki kinerja yang baik atau tidak dapat dinilai dari sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan yang akan di publikasikan pada Bursa Efek Indonesia adalah laporan keuangan yang telah diberikan tanda tangan atau yang telah di periksa oleh seorang auditor. Oleh sebab itu menimbulkan rentang waktu antara tanggal penutupan pada laporan keuangan atau 31 desember, dengan tanggal laporan keuangan yang telah ditanda tangani oleh auditor yang disebut dengan audit delay. Otoritas Jasa Keuangan membuat peraturan bahwa emiten harus menerbitkan sebuah laporan keuangan yang telah di tanda tangani oleh auditor minimal 120 hari setelah tahun tutup buku. Namun masih banyak emiten yang terlambat dalam menyampaikan sebuah laporan keuangan dengan berbagai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor total aset, tingkat solvabilitas, dan opini audit apakah berpengaruh pada audit delay secara parsial maupun secara simultan. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2015-2019. Metode pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu yakni software SPSS versi 25. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 sampel yang terdiri dari 30 perusahaan selama 5 tahun periode penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan pengambilan data secara dokumentasi yakni peneliti mengambil laporan keuangan pada situs Bursa Efek Indonesia (IDX) dan literatur-literatur terkait. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial (uji-t) bahwa total aset berpengaruh secara negatif terhadap audit delay dengan nilai signifikansi sebesar 0.403 dan nilai t-hitung -0.838. Tingkat Solvabilitas berpengaruh secara negatif pada audit delay dengan nilai signifikansi sebesar 0.153 dan nilai t-hitung sebesar -1.435. Dan yang terakhir opini audit berpengaruh positif pada audit delay dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai t-hitung sebesar 5.142. Hasil penelitian diuji secara simultan (uji-f) total aset, tingkat solvabilitas, dan opini audit berpengaruh secara simultan terhadap audit delay dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai f-hitung 10.851. Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya yakni menggunakan data time series yang lebih lama agar memberikan data yang lebih empiris dan lebih luas jangkauan objek sehingga hasil yang dihasilkan lebih luas. Dan untuk perusahaan diharapkan untuk memperhatikan penyajian laporan keuangan agar lebih efisien dan tidak terlambat dalam menyampaikan sebuah laporan keuangan dan meminimalisir audit delay.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Oktavianda Reyna Deviaoktaviandareyna@gmail.comG72217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Keywords: Total aset; tingkat solvabilitas; Opini audit; Audit delay.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Oktavianda Reyna Devia Maharani
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:07
Last Modified: 17 Feb 2021 09:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46515

Actions (login required)

View Item View Item