Konsep sumpah Allah dalam Alquran: studi snalisis tafsir al-tibyan fi aqsam al-Qur’an karya Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan tafsir al-bayani li al-Qur’an al-karim karya Aisyah bint al-Syathi’

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farihah, Eva Umatul (2021) Konsep sumpah Allah dalam Alquran: studi snalisis tafsir al-tibyan fi aqsam al-Qur’an karya Ibnu Qayyim al-Jauziyah dan tafsir al-bayani li al-Qur’an al-karim karya Aisyah bint al-Syathi’. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Umatul Farihah_E03217017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini ialah bagaimana konsep sumpah Allah dalam Alquran dan bagaimana konsep sumpah dalam Tafsir al-Tibyan Fi Aqsam Alquran karya Ibn Qayyim al-Jauziyah dan Tafsir al-Bayani li al-Qur’an al-Karim karya Aisyah bint al-Syathi’. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pemahaman lebih mengenai konsep sumpah Allah dalam Alquran dan menambah wawasan baru terhadap penafsiran Ibn Qayyim al-Jauziyah dan Aisyah bint al-Syathi’ mengenai sumpah Allah dalam Alquran. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kepustakaan atau library research sedangkan model penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif yaitu sebuah metode penelitian yang berlandaskan pada inkuiri naturalistik, perspektif dan interpretatif. Lalu selanjutnya akan dilakukan penelitian dan analisis mengenai konsep sumpah Allah dalam dua kitab tafsir di antaranya: Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam tafsir al-Tibyan fi Aqsam al-Qur’an dan Aisyah bint al-Syathi’ dalam tafsir al-Bayani li Al-Qur’an al-Karim. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan mengenai konsep sumpah Allah dalam Alquran di antaranya: sumpah Allah memiliki arti menguatkan berita yang disampaikan Allah dalam Alquran, sumpah Allah dalam Alquran terbentuk dari tiga unsur yakni muqsam bih, muqsam ‘alaih dan adat qasam. Adapun penafsiran Ibn Qayyim al-Jauziyah dalam menafsirkan ayat-ayat sumpah, ia menafsirkan sumpah Allah sebagai bentuk bukti yang menunjukkan keberadaan Allah sebagai pencipta alam serta menunjukkan keesaan-Nya, kekuasaan-Nya, dan seluruh sifat-sifat kesempurnaan hanya milik Allah. Sedangkan Aisyah bint al-Syathi’ mengatakan bahwa sumpah Qur’ani merupakan salah satu alat retoritas yang digunakan untuk menarik perhatian yang nyata dan untuk memperkenalkan hal-hal lain yang abstrak ke dalam suatu pemikiran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farihah, Eva Umatulevaumatulfarihah@gmail.comE03217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad--2010105601
Subjects: Hadis
Keywords: Konsep; Sumpah; Alquran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Eva Umatul Farihah
Date Deposited: 17 Feb 2021 10:49
Last Modified: 17 Feb 2021 10:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46527

Actions (login required)

View Item View Item