Analisis hukum islam terhadap tanggung jawab pemeliharaan anak bagi ibu penderita postpartum depression: studi kasus di RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandi, Nadia Ulfah (2020) Analisis hukum islam terhadap tanggung jawab pemeliharaan anak bagi ibu penderita postpartum depression: studi kasus di RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Ulfah Affandi_C91216112 123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Merupakan penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum (RSU) dr. H. Koesnadi Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana tanggung jawab pemeliharaan anak bagi ibu penderita postpartum depression di RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso dan untuk menjawab bagaimana analisis hukum islam terhadap tanggung jawab pemeliharaan anak bagi ibu penderita postpartum depression. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis. Menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi untuk mencari jawaban dari permasalahan yang ada sebagai metode pengumpulan data. Data yang telah diperoleh dan dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tanggung jawab seorang ibu penderita postpartum depression tidaklah sempurna jika harus disesuaikan dengan tanggung jawab seorang ibu secara normal. Seorang ibu penderita depresi ini tidak dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Karena depresi tersebut menyerang sikap dan perilaku penderita yang tentu saja jika dibiarkan akan memberikan dampak buruk kepada anak yang diasuhnya, maka menurut Hukum Islam seorang ibu penderita postpartum depression sesuai dengan teori ahliyyah al-adā’ tidak dibebankan tanggung jawab untuk melaksanakan pemeliharaan atas anaknya karena kondisi mentalnya sehingga ia tidak termasuk ke dalam seorang mukallaf yang layak dibebani suatu hukum. dan dibutuhkan pengalihan hak asuh sementara waktu hingga ia dinyatakan sembuh dari penyakit yang dideritanya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberi saran, adalah kepada keluarga penderita postpartum depression baik suami maupun ibunya untuk lebih memperhatikan perubahan sikap dan perilaku atas si penderita dari hari-hari biasanya karena depresi ini harus segera ditangani. Diperlukan diagnosa medis untuk memilih medikasi yang tepat. Oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan oleh orang-orang terdekat ibu penderita depresi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandi, Nadia Ulfahnadiaulfah101@gmail.comC91216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Anak
Hukum Islam
Keywords: Ibu penderita postpartum depression; Pemeliharaan anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nadia Ulfah Affandi
Date Deposited: 17 Feb 2021 12:05
Last Modified: 17 Feb 2021 12:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46536

Actions (login required)

View Item View Item