Metode Analytic Network Process (ANP) dalam menganalisis Persetujuan Pembiayaan dengan Penerapan 5C+1S di Bank Syariah Mandiri Jemur Andayani Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aghnina, Firdah (2020) Metode Analytic Network Process (ANP) dalam menganalisis Persetujuan Pembiayaan dengan Penerapan 5C+1S di Bank Syariah Mandiri Jemur Andayani Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firdah Aghnina_G94216104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode ANP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah dengan melakukan wawancara, kuesioner dan dokumentasi kepada para responden (pakar dan praktisi). Selanjutnya data tersebut akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode ANP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria character merupakan kriteria yang paling penting dalam persetujuan pembiayaan karena dari karakter seseorang tersebut dapat terlihat kepribadiannya, gaya hidupnya, dan latar belakangnya, dengan begitu pihak perbankan akan mengetahui apakah calon debitur tersebut memiliki itikad baik atau tidak dan itu berpengaruh terhadap pembiayaan yang akan disalurkan pihak perbankan. Namun apabila terjadi ketidaklancaran terhadap pembiayaan dikemudian hari pasti debitur tersebut mampu menyelesaikan pembiayaannya dengan cara me-restruktur. Dengan urutan terpenting dari keenam prinsip tersebut adalah character, syariah, capacity, collateral, condition of economic, dan capital. Berdasarkan hasil penelitian di atas, terdapat beberapa saran yang dapat diberikan antara lain pihak perbankan yang lain diharapkan mampu menggunakan hasil perengkingan yang ada dengan memperhatikan kriteria dan aspek dalam menentukan persetujuan pembiayaan kepada calon debitur. Dan bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk mampu menambah responden yang memiliki latar belakang berbeda dan membahas persentase tiap indikator yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aghnina, Firdahfirdahaghnina@gmail.comG94216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Pembiayaan; 5C+1S; Analytic Network Process (ANP).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Firdah Aghnina
Date Deposited: 18 Feb 2021 09:35
Last Modified: 18 Feb 2021 09:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46542

Actions (login required)

View Item View Item