Media massa online dan politik: studi tentang jurnalis partisan media online di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Aulia (2019) Media massa online dan politik: studi tentang jurnalis partisan media online di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Rachman_E74213129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui motif jurnalis bergabung dengan partai politik. Serta untuk mengetahui pandangan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), Ketua Pokja jurnalis politik Kota Surabaya, dan jurnalis independen terhadap independensi jurnalis partisan dalam pemberitaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif denganteknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi politik dari Laswell dan Dan Nimmo,sertateori fenomenologi Alfred Shutz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) jurnalis yang menjadi anggota partai politik termotivasi secara rasional. Hal ini dapat dilihat dari tujuan mereka bergabung karena ada tawaran menjadi anggota legislatif. (2) Pandangan terhadap jurnalis yang merangkap fungsi menjadi anggota parpol, dianggap telah mencemari kemurnian profesi jurnalis, sebab secara otomatis ada kepentingan-kepentingan partai politik yang turut diberitakan oleh jurnalis tersebut dalam melaksanakan kerja kejurnalistikan. Hal ini dapat terlihat baik jurnalis Tri Wahyudi dan Rofik Hardian kerap memuat pemberitaan dari Partai Demokrat atau Partai NasDem. Meski bersifat objektif, namun sikap kedua jurnalis telah mencederai profesionalitas jurnalis sesuai UU No. 40 tentang Pers dan kode etik jurnalistik yang bekerja secara jujur dan bebas dari tendensi kelompok mana pun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Aulianyomnyommen@gmail.comE74213129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Komunikasi
Politik
Keywords: Jurnalis partisan; Komunikasi politik; Media massa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Aulia Rachman
Date Deposited: 19 Feb 2021 05:08
Last Modified: 19 Feb 2021 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46556

Actions (login required)

View Item View Item