Pengembangan perangkat pembelajaran matematika strategi pembelajaran resiprokal berbasis pendidikan karakter islami untuk melatih kecerdasan emosional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokayah, Siti (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika strategi pembelajaran resiprokal berbasis pendidikan karakter islami untuk melatih kecerdasan emosional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rokayah_D74216111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prestasi matematika di Indonesia masih rendah. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi matematika, diantaranya: penguasaan matematika, penggunaan strategi pembelajaran dan kecerdasan emosional. Untuk menguasai matematika perlu melatih kecerdasan emosional disamping kemampuan intelektual atau menyelesaikan masalah secara matematis saat proses pembelajaran. Saat proses pembelajaran, pendidik dapat memfasilitasi peserta didik untuk lebih mandiri dengan sikap terbuka menggunakan langkah-langkah strategi pembelajaran resiprokal sekaligus dapat menanamkan pendidikan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang mampu melatih kecerdasan emosional peserta didik dengan strategi pembelajaran resiprokal berbasis pendidikan karakter Islami. Adapun penelitian ini mendeskripsikan proses, kevalidan dan kepraktisan perangkat yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan materi pola barisan bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, proses pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Plomp yang meliputi 3 tahap yaitu: tahap investigasi awal, tahap pembuatan, dan tahap penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah field note untuk mencatat semua proses yang terjadi selama pengembangan perangkat dan validasi oleh validator ahli untuk memperoleh data kevalidan serta kepraktisan perangkat yang dikembangkan. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data catatan lapangan, teknik analisis data kevalidan dan teknik analisis data kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil validasi oleh kelima validator ahli untuk perangkat pembelajaran matematika strategi pembelajaran resiprokal berbasis pendidikan karakter Islami untuk melatih kecerdasan emosional yang meliputi RPP dan LKPD dikatakan valid dengan nilai rata-rata total 3,50 untuk kevalidan RPP dan nilai rata-rata total 3,45 untuk kevalidan LKPD. Kemudian perangkat pembelajaran dalam penelitian ini juga memperoleh hasil kategori B dari kelima validator ahli yaitu valid dengan sedikit revisi, sehingga dikatakan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokayah, Sitisitirokayah655@gmail.comD74216111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Islam
Kecerdasan
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Matematika; Pembelajaran Resiprokal; Karakter Islami; Kecerdasan Emosional.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Rokayah
Date Deposited: 19 Feb 2021 06:25
Last Modified: 19 Feb 2021 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46560

Actions (login required)

View Item View Item