Implikasi Pandangan Mutasyaddid Ibnu Hazm Terhadap Penetapan Ke-hujjah-an Hadis Mursal: studi analisis hadis larangan jual beli muzabanah riwayat ‘Abd Al-Razzaq al-San‘ani nomor indeks 15300

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Amelia (2021) Implikasi Pandangan Mutasyaddid Ibnu Hazm Terhadap Penetapan Ke-hujjah-an Hadis Mursal: studi analisis hadis larangan jual beli muzabanah riwayat ‘Abd Al-Razzaq al-San‘ani nomor indeks 15300. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Damayanti_E95217021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengacu pada rumusan masalah yang pertama, Bagaimana status dan ke-hujjah-an hadis larangan jual beli muzabanah riwayat ‘Abd al-Razzaq nomor indeks 15300. Kedua, Bagaimana implikasi pandangan Ibnu Hazm sebagai ulama mutasyaddid dalam menetapkan ke-hujjah-an hadis tersebut. Dan ketiga, Bagaimana kontribusi kitab al-Musannaf karya ‘Abd al-Razzaq dalam perkembangan ‘Ulum al-Hadith. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk menentukan ke-hujjah-an hadis larangan jual beli muzabanah riwayat ‘Abd al-Razzaq nomor indeks 15300 dalam sudut pandang Ibnu Hazm dan untuk mengetahui kontribusi kitab al-Musannaf karya ‘Abd al-Razzaq dalam perkembangan ‘Ulum al-Hadith. Dari penelitian ini akan mencoba menjawab ke-hujjah-an hadis mursal dalam sudut pandang ulama mutasyaddid dari Andalusia yaitu Ibnu Hazm. Sebab diketahui bahwa ia adalah seorang ulama yang berhati-hati dalam menentukan ke-h}ujjah-an hadis dan kriteria yang ditetapkannya dalam menentukan ke-hujjah-an hadis lebih ketat dibandingkan dengan ulama hadis lainnya. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah kriteria yang telah ditetapkan Ibnu Hazm dalam menentukan ke-hujjah-an hadis mursal salah satunya adalah tidak menerima periwayatan ahli madinah sebagai hujjah. Kriteria tersebut berimplikasi pada periwayatan hadis mursal ahli Madinah dan secara otomatis Ibnu Hazm tidak menerima periwayatan tersebut walaupun kritiknya jauh berbeda dengan ulama hadis lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Ameliaameliadamay19@gmail.comE95217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Jual Beli
Pemikiran
Hadis
Keywords: Hadis Mursal; Hujjah; Ibnu Hazm; Mutasyaddid.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Amelia Damayanti
Date Deposited: 19 Feb 2021 05:04
Last Modified: 19 Feb 2021 05:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46563

Actions (login required)

View Item View Item