Analisis kelayakan finansial usaha pembibitan mangrove di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nurul (2021) Analisis kelayakan finansial usaha pembibitan mangrove di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Azizah_H74216039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha pembibitan mangrove di Banyuurip yang dilakukan oleh Kelompok Pelestari Mangrove dan Lingkungan Banyuurip (KPMLB) merupakan usaha kelompok yang perlu dikaji keberlanjutan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan usaha, tingkat kelayakan finansial, dan strategi pengembangan yang tepat untuk pengelolaan usaha pembibitan mangrove di Banyuurip. Metode yang digunakan untuk mengetahui keuntungan usaha dengan mengurangkan pendapatan dengan total biaya operasional. Untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha dilakukan perhitungan Revenue Cost Ratio (R/C), Payback Period (PP), dan Break Event Point (BEP). Metode yang digunakan untuk mengetahui strategi pengembangan yang tepat menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh pada tahun 2014-2019 adalah sebesar Rp. 168.387.500,00. Usaha pembibitan mangrove di Banyuurip layak untuk dijalankan karena nilai R/C lebih dari satu. Strategi pengembangan usaha pembibitan mangrove di Banyuurip: mempertahankan KPMLB; bekerjasama dengan pemerintah; meningkatkan kualitas bibit mangrove; mengajak pemuda untuk meneruskan usaha; dan melengkapi infrastuktur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nurulnurul.jopuro@gmail.comH74216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id2017118204
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Ilmu Kelautan
Keywords: Pembibitan Mangrove; Banyuurip; Finansial; Pengembangan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Nurul Azizah
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:15
Last Modified: 19 Feb 2021 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46565

Actions (login required)

View Item View Item