الأفعال الكلامية في حكاية التاجر مع العفريت في بودكاست ألف ليلة وليلة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Fiki Wakhdatul (2021) الأفعال الكلامية في حكاية التاجر مع العفريت في بودكاست ألف ليلة وليلة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiki Wakhdatul Ummah_A91217104.pdf

Download (2MB)

Abstract

J.L. Austin dalam bukunya ‘How to Do Things With Words’ mengemukakan bahwa tuturan tidak hanya terbatas pada benar dan salah, namun lebih dari itu, ia mengemukakan bahwa setiap penutur sejatinya telah melakukan tindakan melalui tuturannya. Dari sini, lahirlah teori tindak tutur yang menjadi inti utama dalam kajian ilmu Pragmatik. Austin membagi tindak tutur menjadi 3; tindak tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi. Kemudian muridnya, J. Searle membagi tindak tutur Ilokusi menjadi 5; Deklaratif, Representatif, Ekspresif, Direktif, dan Komisif. Teori ini dapat digunakan untuk mengkaji peristiwa tutur dalam cerita, seperti H{ikayah at-Tajir ma’a al-‘Ifrit dalam podcast Alf Lailah wa Lailah yang menjadi objek penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk tindak tutur dalam Hikayah at-Tajir ma’a al-‘Ifrit dalam podcast Alf Lailah wa Lailah dan apa kesimpulan dari tindak tutur tersebut. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk tindak tutur dalam Hikayah at-Tajir ma’a al-‘Ifrit dalam podcast Alf Lailah wa Lailah dan kesimpulan dari tindak tutur tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap objek tertentu melalui proses deskripsi dalam bentuk kata atau bahasa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan analisis Pragmatik. Hasil dari penelitian ini adalah tuturan dalam H{ikayah at-Tajir ma’a al-‘Ifrit dalam podcast Alf Lailah wa Lailah memiliki tiga bentuk tindak tutur sebagaimana dikemukakan oleh J.L. Austin, 5 diantaranya adalah tindak tutur Lokusi, 35 lainnya merupakan tindak tutur Ilokusi dengan perincian 20 bentuk Direktif, 3 bentuk Ekspresif, 3 bentuk Komisif, dan 9 bentuk Deklaratif, sedangkan 19 lainnya merupakan tindak tutur Perlokusi. Masing-masing tindak tutur tersebut memiliki kesimpulan yang berbeda-beda sesuai konteksnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Fiki Wakhdatulwahdahviky@gmail.comA91217104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com198204182009011012
Subjects: Linguistik
Keywords: Pragmatik; Tindak tutur; Lokusi; Ilokusi; Perlokusi; Alf Lailah wa Lailah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: fiky wahdatul ummah
Date Deposited: 19 Feb 2021 06:52
Last Modified: 19 Feb 2021 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46567

Actions (login required)

View Item View Item