Konsep amar maʻrūf nahi munkar k.h. Sholeh Bahruddin Pasuruan: perspektif tafsir kontemporer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufid, Miftarah Ainul (2020) Konsep amar maʻrūf nahi munkar k.h. Sholeh Bahruddin Pasuruan: perspektif tafsir kontemporer. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftarah Ainul Mufid_F53314046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amar ma’rūf nahi munkar adalah misi pendirian pondok pesantren Ngalah yang diasuh oleh KH. Sholeh Bahruddin. Misi tersebut diwujudkan dengan meningkatkan SDM santri, membentuk karakter santri berakhlak mulia dan taat beribadah. Tiga hal tersebut merupakan tugas dan kewajiban seorang Kiai.Disertasi ini fokus pada tiga masalah, pertama, bagaimana konsep amar maʻrūf nahi munkar K.H. Sholeh Bahruddin?, kedua, bagaimana dampak konsep amar maʻrūf nahi munkar K.H. Sholeh Bahruddin terhadap masyarakat?, ketiga, bagaimana konsep amar maʻrūf nahi munkar K.H. Sholeh Bahruddin perspektif tafsir kontemporer?. Untuk menjawab tiga fokus masalah tersebut, dalam penggalian data penulis menggunakan metode wawancara tidak tersruktur, baik dari sumber utama maupun sumber tambahan. penulis menggunakan analisis tafsir kontemporer. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Konsep amar ma’rūf nahi munkar KH. Soleh Bahruddin mencari teman tidak mencari lawan adalah dalam bentuk aksi (praktek), yaitu dengan mendirikan Pondok Pesantren dan lembaga, baik lembaga formal (PAUD, TK, MI, SMP, MTS, MA, SMA, SMK DAN UNIVERSITAS) maupun non formal (MADRASAH DINIYAH dan TAREKAT). (2) Dampak konsep amar ma’rūf nahi munkar KH. Sholeh Bahruddin mencari teman tidak mencari lawan ada dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif baik internal maupun eksternal. Dampak positif internalnya adalah semakin bertambah banyaknya jumlah santri pondok pesantren dan jama’ah. Dampak negatifnya adalah menjadikan para santri dan jama’ah memiliki sifat fanatik. (3) Konsep amar maʻrūf nahi munkar K.H. Sholeh Bahruddin perspektif tafsir kontemporer adalah saling mendukung diantara keduanya. Amar maʻrūf nahi munkar dalam tafsir kontemporer berbentuk teoritis, sedangkan amar maʻrūf nahi munkar kiai Sholeh Bahruddin dalam bentuk aplikasi. Amar maʻrūf nahi munkar kiai Sholeh Bahruddin dalam bentuk aplikasi ini sesuai dengan penafsiran yang ada dalam tafsir kontemporer. Akan tetapi ada tiga perbedaan yaitu diawali dengan riyāḍah, adanya tarekat dan diakhiri dengan do’a bersama, tiga hal inilah yang berbeda dengan tafsir kontemporer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufid, Miftarah Ainulshojaragiel@gmail.comF53314046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Thesis advisorAswadi, Aswadi--2012046001
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Amar Ma’rūf; Nahi Munkar; Tafsir Kontemporer.
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ainul Mufi Miftarah Miftarah
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:50
Last Modified: 19 Feb 2021 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46570

Actions (login required)

View Item View Item