'Ibrah Kisah Luqman al-Hakim dalam pendidikan karakter pada Anak: telaah penafsiran Wahbah az-Zuhaili atas Surah Luqman Ayat 12-19 dalam Tafsir Al-Munir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Indah Kartika (2021) 'Ibrah Kisah Luqman al-Hakim dalam pendidikan karakter pada Anak: telaah penafsiran Wahbah az-Zuhaili atas Surah Luqman Ayat 12-19 dalam Tafsir Al-Munir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Kartika Sari_E93214092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter saat ini menjadi wacana yang hangat di dunia pendidikan Indonesia. Munculnya gagasan pendidikan karakter tersebut dikarenakan terjadinya fenomena sosial yang menunjukkan perilaku tidak berkarakter pada generasi penerus bangsa. Kejadian tersebut bisa terjadi tergantung bagaimana cara orang tua mendidik anaknya. Karena pendidikan pertama bagi seorang anak adalah pendidikan di rumah yang menjadi tanggung jawab bagi setiap orang tua untuk mendidik anaknya. Salah satu interaksi pendidikan dalam Alquran yang dapat dijadikan panutan untuk orang tua dalam membimbing anaknya adalah kisah Luqman al-Hakim. Kisah Luqman ini merupakan potret orang tua dalam mendidik anaknya dengan ajaran keimanan. Dalam kitabnya, Wahbah az-Zuhaili menyebutkan bahwa surah ini dinamakan surah Luqman, karena terdapat kisah Luqman al-Hakim yang mempunyai permatanya hikmah dengan bukti yaitu mengesakan Allah dan beribadah kepadaNya, juga memerintahkan untuk memperbaiki akhlak dan adab, dan mencegah dari berbuat jelek dan kemungkaran. Penelitian ini merupakan jenis Library Research (penelitian kepustakaan), yaitu penelitian yang menggunakan data-data dari Alquran, kitab dan buku-buku yang sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dikarenakan penelitian yang bersifat verbal serta memberikan penjelasan secara sistematis fakta dan karakteristik objek penelitian secara cermat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasar pada penafsiran Wahbah az-Zuhaili terkait dengan surat Luqman ayat 12-19 yang menjelaskan bagaimana cara Luqman al-Hakim mendidik dan membentuk karakter anaknya dengan cara yang baik, ideal, dan yang paling penting sejalan dengan syari’at Allah. 1) Bersyukur kepada Allah, 2) Mengajarkan akidah yang menyangkut masalah keimanan kepada Allah dan larangan menyekutukan Allah, 3) Berbuat baik kepada orang tua, 4) Menanamkan nilai-nilai taqwa dalam diri anak, 5) Menjalankan ibadah (shalat), mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, 6) Memberikan nasihat kepada anaknya agar tidak bersikap sombong, 7) Membiasakan anak untuk senantiasa bersikap sederhana dan tidak berlebih-lebihan, terutama dalam hal berjalan dan berbicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Indah Kartikaindahkartika1796@gmail.comE93214092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsby.ac.id2004039001
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: ‘Ibrah; Kisah Luqman al-Hakim; dan Pendidikan Karakter.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Indah Kartika Sari
Date Deposited: 21 Feb 2021 00:52
Last Modified: 21 Feb 2021 00:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46585

Actions (login required)

View Item View Item