Mobilitas sosial ekonomi komunitas Islam pengrajin Songkok di Bungah Gresik Tahun 1980-2018 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiro, Arina Sabila (2020) Mobilitas sosial ekonomi komunitas Islam pengrajin Songkok di Bungah Gresik Tahun 1980-2018 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arina Sabila Khoiroh_A92216063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam hal ini penulis menggunakan pendekatan ilmu bantu sosiologi dan antropologi. Ilmu bantu sosiologi meneropong segi-segi sosial peristiwa yang dikaji. Sedangkan Antropologi untuk mengungkap status, gaya hidup, nilai-nilai tokoh dan komunitas Islam pengrajin songkok Bungah Gresik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Bungah merupakan pusat pemerintahan dari desa-desa di sekitarnya dimana masyarakatnya mayoritas sebagai seorang pengrajin songkok hingga desa Bungah disebut sebagai Sentra Songkok. 2) Kerajinan songkok di Bungah Gresik bertahan selama berpuluh-puluh tahun. Sejak tahun 60-an, di Bungah sudah banyak dijumpai kerajinan songkok yang merupakan produk pengrajin Bungah sendiri. Pertama kali usaha songkok di Bungah dirintis oleh H. Muhtar dengan merk songkoknya yaitu “kupu”. Beliau belajar membuat songkok dari seorang pengusaha songkok di ampel kembang yaitu bapak Brahim Syaid, Hingga kemudian usaha ini songkok ini berkembang dan banyak masyarakat Bungah Gresik yang merintis usaha songkok tersebut. 3) Salah satu faktor kemajuan usaha kerajinan songkok adalah akses jaringan sosial yang luas dan juga teknologi yang semakin canggih. Kerajinan songkok di Bungah Gresik mencitapkan banyak kemajuan, baik di bidang ekonomi, agama, pendidikan, dan sosial-budaya.
Kata Kunci: Mobilitas Sosial-Ekonomi, Komunitas Islam, Pengrajin Songkok

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiro, Arina Sabilaarinasabila18@gmail.comA92216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Lailatullailatulhudauinsby.ac.id196311132006042004
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Mobilitas Sosial-Ekonomi; Komunitas Islam; Pengrajin Songkok.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: sabila khoiroh arina
Date Deposited: 21 Feb 2021 01:02
Last Modified: 21 Feb 2021 01:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46586

Actions (login required)

View Item View Item