Komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran kelompok A di RA Muslimat Nu 10 Banin-Banat Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novarina, Vivin (2020) Komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran kelompok A di RA Muslimat Nu 10 Banin-Banat Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Novarina_D98216080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud mengkaji mengenai komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran dengan anak yang terletak di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik yang terlihat guru memiliki kedekatan sangat erat dengan anak karena guru selalu menerapkan komunikasi interpersonal dengan intens pada anak dalam pembelajaran seperti berbicara dengan sopan dengan membiasakan kata “tolong, terima kasih, terima kasih kembali, maaf” dan bersikap manis dengan memberikan pelukan atau memberikan reward. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam pembelajaran kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat Manyar Gresik.Adapun metode yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari model Milles and Huberman dengan langkah-langkah dalam analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru kelompok A di RA Muslimat NU 10 Banin-Banat dengan memperhatikan komponen efektifitas komunikasi interpersonal yaitu sikap respect dan sikap empathic menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal ini telah terbukti bahwa guru kelompok A1 menunjukkan hasil komunikasi interpersonal dengan anak memenuhi 2 komponen komunikasi interpersonal yang efektif yaitu komponen sikap respect dan sikap empathic, guru kelompok A2 hanya memenuhi komponen sikap empathic dan guru kelompok A3 hanya memenuhi komponen sikap respect.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novarina, Vivinzidansyah1803@gmail.comD98216080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Pembelajaran; Anak Kelompok A.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Vivin Novarina
Date Deposited: 07 Mar 2021 10:58
Last Modified: 07 Mar 2021 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46587

Actions (login required)

View Item View Item