Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) untuk mengurangi Miskonsepsi Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtyani, Arinda Emy (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) untuk mengurangi Miskonsepsi Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arinda Emy Muhtyani_D04216003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miskonsepsi adalah kesalahan siswa dalam memahami konsep matematika yang tidak sesuai. Miskonsepsi sering dialami siswa karena konsep yang dimiliki siswa diperoleh dari pengalaman pribadinya yang belum terdefinisikan secara formal. Siswa yang teridentifikasi mengalami miskonsepsi, pemahaman konsepnya harus segera diluruskan atau diperbaiki agar tidak berakibat fatal. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) untuk mengurangi miskonsepsi siswa. Langkah-langkah yang terdapat pada model pembelajaran ECIRR ini mampu mendorong siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memperbaiki miskonsepsi menjadi pemahaman konsep yang mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) yang valid dan praktis untuk mengurangi miskonsepsi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Miskonsepsi Siswa pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang prisma segitiga dan limas segiempat. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang dimaksud, yaitu data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik validasi ahli. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data kevalidan perangkat pembelajaran, dan analisis data kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil analisis data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) perangkat pembelajaran memperoleh kategori “valid” dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,38, nilai rata-rata total validitas LKPD sebesar 4,28, dan nilai rata-rata total validitas Tes Miskonsepsi Siswa sebesar 4,28. 2) Perangkat pembelajaran telah dinyatakan “praktis” dengan nilai rata-rata “B” yang berarti perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtyani, Arinda Emyarindaemymuhtyani@gmail.comD04216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; Perangkat Pembelajran; Model ECIRR; Miskonsepsi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Arinda Emy Muhtyani
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:28
Last Modified: 25 Feb 2021 10:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46596

Actions (login required)

View Item View Item