Peran orang tua dalam pembelajaran daring kelas III MI Mi'rojul Ulum Jotangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Adela Oktavia (2021) Peran orang tua dalam pembelajaran daring kelas III MI Mi'rojul Ulum Jotangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adela Oktavia Islami_D97216044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sejak adanya pandemi Covid 19 dan ditetapkan sebagai pandemi global. Semua aspek menjadi terganggu tanpa terkecuali termasuk aspek pendidikan. Sehingga pemerintah harus mencari cara agar pendidikan tetap bisa berjalan. Salah satunya dengan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Pembelajaran yang awalnya dilakukan dengan tatap muka di sekolah menjadi dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tentunya akan membuat siswa harus beradaptasi dengan pembelajaran tersebut. Sehingga dalam pelaksanaannya, muncul beberapa hambatan. Oranggtua adalah salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya. Oleh karena itu dibutuhkan peran orang tua untuk membantu hambatan-hambatan tersebut. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk meneliti tentang peran orang dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring kelas III MI Mi’rojul Ulum Jotangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. (2) Mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran daring kelas III MI Mi’rojul Ulum Jotangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data ada 3 tahap yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MI Mi’rojul Ulum Jotangan ini menggunakan media atau aplikasi WhatsApp. Karena dianggap lebih universal dan lebih sederhana. Selain itu juga menggunakan Google Classroom, tapi hanya untuk latihan soal atau ujian saja. Sedangkan bentuk dari peran orang tua dalam pembelajaran daring ini adalah seperti, (1) mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas, (2) mengawasi anak dalam penggunaan ponsel, (3) membantu menjelaskan materi apabila ada yang belum dimengerti, (4) memberikan fasilitas belajar seperti ponsel atau kuota internet, (5) memberikan motivasi atau dukungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Adela Oktaviaadelaislami8@gmail.comD97216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peran Orang Tua; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Adela Oktavia Islami
Date Deposited: 24 Feb 2021 13:53
Last Modified: 24 Feb 2021 13:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46615

Actions (login required)

View Item View Item