Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian siswa dalam belajar Daring Kelas VIII MTS Negeri 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Fazdaro Nurul (2021) Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian siswa dalam belajar Daring Kelas VIII MTS Negeri 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fazdaro Hidayati_D01217024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian siswa dalam belajar daring kelas VIII MTS Negeri 2 Mojokerto. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimana kondisi kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTS Negeri 2 Mojokerto; 2) Bagaimana Kemandirian Belajar Siswa dalam belajar daring kelas VIII MTS Negeri 2 Mojokerto; 3) Bagaimana Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian siswa dalam belajar daring kelas VIII MTS Negeri 2 Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTS Negeri 2 Mojokerto tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah populasinya sebanyak 283 siswa, dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling, diambil 20%, sehingga ada 57 siswa yang dijadikan responden penelitian. Data yang ada dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji Hipotesis Pearson. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kecerdasan emosional siswa terdiri dari 3 kategori: 6 siswa (10,53%) termasuk kategori Rendah, 40 siswa (70,18%) termasuk kategori Sedang, dan 11 siswa (19,30%) kategori Tinggi. (2) Kemandirian siswa dalam belajar daring juga terdiri dari 3 kategori: 7 siswa (12,28%) kategori Rendah, 38 siswa (66,67%) kategori Sedang, dan 12 siswa (21,5%) kategori Tinggi. (3) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian siswa dapat dikatakan kuat. Berdasarkan nilai pearson correlation diketahui nilai r hitung untuk Pengaruh X dan Y adalah sebesar 0,669 > r tabel 0,256 sehingga menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara variabel X dengan Y. (r tabel n=57 sig 5% adalah sebesar 0,256). Nilai pearson correlation sebesar 0,669 yang bersifat positif dimana hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dengan kemandirian siswa dalam belajar daring berpengaruh positif derajat pengaruh korelasi kuat. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kemandirian Siswa, MTsN 2 Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Fazdaro Nurulnh8136575@gmail.comD01217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Psikologi Belajar
Keywords: Kecerdasan Emosional; Kemandirian Siswa; MTsN 2 Mojokerto.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fazdaro Hidayati
Date Deposited: 24 Feb 2021 14:30
Last Modified: 24 Feb 2021 14:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46643

Actions (login required)

View Item View Item