Pengembangan pembelajaran matematika model skrip kooperatif (cooperatif script) bernuansa qurani untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Durotun (2021) Pengembangan pembelajaran matematika model skrip kooperatif (cooperatif script) bernuansa qurani untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durotun Nisa'_D74216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Kenyataannya dalam praktik pembelajaran masih banyak peserta didik yang kemampuan komunikasinya kurang. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan inovasi baru yaitu mengembangkan model pembelajaran dengan mengintegrasikan materi dengan ayat Al-quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model skrip kooperatif (cooperatif script) bernuansa qurani untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengadaptasi dari model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu: fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase), adapun fase penilaian hanya sampai pada uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah teknik catatan lapangan, teknik angket untuk mendapatkan data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil data tersebut dianalisis menggunakan analisis kevalidan serta kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Proses pembuatan prototype dilakukan kurang lebih dua bulan menghasilkan RPP yang menggunakan model pembelajaran skrip kooperatif (Cooperative Script) bernuansa qur’ani. Adapun yang dimaksud nuansa qurani disini yaitu mengintegrasikan materi matematika dengan ayat Al-quran, dengan materi yang digunakan yaitu materi operasi himpunan. (2) Perangkat pembelajaran matematika model skrip kooperatif (Cooperative Script) bernuansa qur’ani dinyatakan “valid” karena menghasilkan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,3625 dan LKPD 4,625. (3) Perangkat pembelajaran matematika model skrip kooperatif (Cooperative Script) bernuansa qur’ani dinyatakan “praktis” karena menghasilkan rata-rata penilaian B yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Durotundurotunnisa10@gmail.comD74216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Al Qur'an
Keywords: Model Cooperative Script; Al-quran; Komunikasi Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Durotun Nisa'
Date Deposited: 18 May 2021 09:43
Last Modified: 18 May 2021 09:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46750

Actions (login required)

View Item View Item