Pengaruh pemanfaatan sumber internet terhadap intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafi'iyah Bandung Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Anik Laila (2021) Pengaruh pemanfaatan sumber internet terhadap intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafi'iyah Bandung Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anik Laila Rosyidah_D01217005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini karena pembelajaran dilaksanakan secara daring, jadi sumber belajar yang digunakan selain dari buku paket yang telah disediakan oleh madrasah yaitu dengan memanfaatan sumber internet. Di dalam sumber internet berbagai informasi apapun dapat ditemukan, baik itu informasi yang bersifat positif maupun negative tergantung bagiamana pengguna bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan memanfaatan sumber internet ini diharapkan agar siswa dapat meningkatkan intensitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana pemanfaatan sumber internet pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, 2) mengetahui bagaimana intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang, 3) mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber internet terhadap intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu jenis penelitian yang direncanakan dan disusun dari awal hingga akhir. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan random sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan prosentase dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan sumber internet pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang memperoleh nilai 73% berada diantara 61%-80%, termasuk dalam kategori baik. 2) intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang memperoleh nilai 76% berada diantara 61%-80%, yang termasuk dalam kategori baik. 3) pengaruh pemanfaatan sumber internet terhadap intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 8 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang diperoleh T_hitung > T_(tabel )(2.880 > 2.0001) dengan nilai signifikasi 0.006. Nilai koefisien korelasi (R) ialah 0.354, koefisien determinasi R^2 yaitu 0.125. Jadi dapat disimpulkan bahwa H_0 diterima dan H_a diterima, yang berarti pemanfaatan sumber internet berpengaruh terhadap intensitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas 9 di MTs Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang sebesar 12,5%, sisanya 87,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu 0.354.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, Anik Lailaaniklailarosyidah98@gmail.comD01217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Mmustofahuda57@gmail.com2012025701
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pemanfaatan Sumber Internet; Intensitas Belajar; Fiqih.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anik Laila Rosyidah
Date Deposited: 15 Mar 2021 08:59
Last Modified: 15 Mar 2021 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46756

Actions (login required)

View Item View Item