KH. ADLAN ALY 1900-1990: studi tentang peran dalam mengembangkan Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chotimah, Chusnul (2021) KH. ADLAN ALY 1900-1990: studi tentang peran dalam mengembangkan Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusnul Chotimah_A92216117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah, yaitu Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan Historiografi. Penelitian skripsi ini termasuk penelitian Historis sehingga dapat merekontruksi masa secara sistematis dan objektif sedangkan teori yang digunakan adalah teori peran yang dikemukakan oleh Bruce J. Biddle dan Edwin J. Thomas. Selain itu, teori kepemimpinan kharismatik yang dikemukakan oleh Max Weber. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) KH. Adlan Aly merupakan pendiri Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Diwek Jombang. Beliau lahir di Maskumambang, Gresik pada tanggal 3 Juni 1900 M dan meninggal pada tanggal 6 Oktober 1990 M. 2) Ponpes Putri Walisongo didirikan oleh KH. Adlan Aly pada 1952 M yang awal mulanya berdiri Madrasah Mu’allimat terlebih dahulu. Perkembangannya tidak terlepas dari campur tangan KH. Adlan Aly selaku pendirinya, selain itu beliau juga dibantu oleh putra-putrinya dalam membina dan mangembangkan pondok pesantren. 3) Peran KH. Adlan Aly dalam mengembangkan Ponpes Putri Walisongo diantara upaya yang dilakukannya ialah merenovasi dan membangun gedung serta menata kurikulum pendidikan di pondok. Beliau juga berperan sebagai kiai dan guru yang mengajar santri-santrinya di pondok. Dalam pengelolaan pondok beliau bertindak sebagai ketua yayasan yang menaungi Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Diwek Jombang. Selain itu beliau juga melakukan pendekatan sosial dalam masyarakat sehingga sebagai kiai beliau dapat menyampaikan dakwah islamiyah dengan mudah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chotimah, Chusnulchusnul7398@gmail.comA92216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Pesantren
Ulama
Keywords: KH. Adlan Aly; Pondok Pesantren Putri Walisongo.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Chotimah Chusnul
Date Deposited: 27 Feb 2021 03:04
Last Modified: 27 Feb 2021 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46757

Actions (login required)

View Item View Item