العناصر الداخلية في رواية "الأجنحة المتكسّرة" لجبران خليل جبران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Megah Dwi (2021) العناصر الداخلية في رواية "الأجنحة المتكسّرة" لجبران خليل جبران. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Megah Dwi Putri_A01216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kajian unsur instrinsik dalam novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah” karya Gibran Khalil Gibran. Yaitu sebuah novel yang mengisahkan tentang lika-liku kisah percintaan pengarang sendiri. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah” yang meliputi tema, tokoh penokohan, alur atau plot, latar atau setting, dan amanat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah unsur-unsur instrinsik apa sajakah yang terdapat dalam novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur instrinsik yang terdapat dalam novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang mana hasil dari metode ini berupa kata-kata tertulis dari objek yang diteliti. Adapun data yang diperoleh dan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa teks dalam novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah”. Data tersebut diperoleh melalui penelitian kepustakaan yang terkait dengan teori unsur-unsur instrinsik dan novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah” karya Gibran Khalil Gibran. Hasil analisis dari unsur-unsur instrinsik dalam novel “Al-Ajnihat Al-Mutakassirah” karya Gibran Khalil Gibran adalah : Novel ini bertemakan “Duka dibalik penderitaan sepasang kekasih yang terpisah karena ketamakan seorang penguasa”. Tokoh utama dalam novel ini adalah tokoh “aku” dan Salma Karami. Sedangkan tokoh tambahan dalam novel ini adalah Faris Affandi Karami, Uskup Bulos Ghalib, Mansur Bek Ghalib, dan beberapa tokoh lain yang tidak digambarkan wataknya. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju mundur. Latar tempat dalam novel ini yaitu : Beirut, Lebanon, Suria, rumah teman tokoh utama, rumah Faris, daerah pegunungan Sunnin, kamar tokoh aku, rumah Salma dan Mansur, kamar Faris, kuil dan kuburan. Sedangkan latar waktu dalam novel ini yaitu : musim semi, bulan nisan, matahari terbenam, malam hari, dan musim panas di bulan juli. Adapun amanat yang ada dalam novel ini adalah seperti jangan mengikuti seorang pemimpin secara buta, jangan menghalalkan segala cara untuk mencapai sebuah tujuan, dan beberapa amanat lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Megah Dwidwimegah00@gmail.comA01216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauhar, Nasaruddin Idrisnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Sastra
Keywords: Unsur-unsur instrinsik; Al-Ajnihat Al-Mutakassirah; Gibran Khalil Gibran.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Megah Dwi Putri
Date Deposited: 27 Feb 2021 08:01
Last Modified: 27 Feb 2021 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46788

Actions (login required)

View Item View Item