Klasifikasi diagnosa penyakit Demam Berdarah Dengue menggunakan metode Hybrid Naive Bayes-K Nearest Neighbor

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zurroh, Era Alfi (2021) Klasifikasi diagnosa penyakit Demam Berdarah Dengue menggunakan metode Hybrid Naive Bayes-K Nearest Neighbor. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Era Alfi Zurroh_H72217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu penyakit serius yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Jumlah kasus demam berdarah yang semakin meningkat merupakan salah satu ancaman serius dalam sepuluh tahun terakhir yang akan terus berlanjut di wilayah tropis termasuk Indonesia. Indonesia termasuk negara tropis dengan jumlah kasus demam berdarah yang terbilang banyak dan terus mengalami peningkatan. World Health Organization (WHO) mencatat negara indonesia merupakan salah satu negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara. Pada penelitian ini akan digunakan metode classifier baru yang menggabungkan algoritma berbasis jarak K-Nearest Neighbor dan Naive Bayes Classifier berbasis statistik. Proses
klasifikasi yang digunakan adalah menggunakan metode hybrid Naive-K Nearest Neighbor . Sistem klasifikasi yang dibuat menghasilkan nilai akurasi, sensitivitas, dan spesifitas masing-masing, 95.4%, 96.2%, dan 94.4% dengan nilai K pada K-Nearest Neighbor=3 dan k-fold=10. Dalam penelitian ini dapat dibuktikan bahwa gabungan dari kedua metode tersebut menghasilkan peforma yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zurroh, Era Alfieraalfi29@gmail.comH72217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id198508282014031003
Subjects: Matematika
Keywords: DBD; Naive Bayes; K-Nearest Neighbor; hybrid Naive Bayes-K-Nearest eighbor; Data Mining.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Era Alfi Zurroh
Date Deposited: 01 Mar 2021 10:43
Last Modified: 01 Mar 2021 10:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46802

Actions (login required)

View Item View Item