Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Remaja: studi kasus pada 4 remaja korban Cyberbullying di Kampung Tenggumung Baru Selatan, Kecamatan Semampir, Kelurahan Pegirian, Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafira, Reva Ulfa (2021) Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Remaja: studi kasus pada 4 remaja korban Cyberbullying di Kampung Tenggumung Baru Selatan, Kecamatan Semampir, Kelurahan Pegirian, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reva Ulfa Syafira_I73217040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena cyberbullying yang terjadi pada 4 remaja yang menjadi korban dalam kasus cyberbullying. Fenomena cyberbullying yang tidak memandang korban yang akan dijadikan sasaran baik laki-laki maupun perempuan, tetapi yang peneliti ambil disini adalah korban perempuan. Adapun beberapa pokok permasalahan yang dibedah dalam penelitian ini adalah : 1)Bagimana bentuk Cyberbullying yang dialami 4 remaja korban di Kampung Tenggumung Baru Selatan, Kecamatan Semampir, Kelurahan Pegirian, Kota Surabaya; 2) dampak sosial kehidupan yang dialami korban Cyberbullying di Kampung Tenggumung Baru Selatan, Kecamatan Semampir, Kelurahan Pegirian, Kota Surabaya; 3) upaya yang dilakukan korban dan orang tua dalam menghadapi Cyberbullying. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dengan melihat fenomena cyberebullying ini adalah Teori Kekerasan Simbolik dengan 3 konsep habitus, lingkungan (field) dan modal. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1) Bentuk cyberbullying yang dilakukan pelaku kepada para korban beruba menyebarkan foto-foto aib korban di media sosial dengan kata-kata yang tidak sopan, lalu mengolok-olok, menghujat, memberikan komentar jahat kepada si korban; 2) Dengan mendapatkan masalah tersebut para remaja juga mengalami dampak yang sangat buruk, sepert berkurangnya jiwa sosial kepada sesama, prestasi menurun, menjadi lebih banyak diam dan tidak mau bergaul dengan temannya; 3) Penyelesaian yang dilakukan dengan membicarakan dengan cara kekeluargaan, meminta pertanggung jawaban kepada orag tua pelaku atas perlakuan anaknya terhadap si korban, karena memang peran orang tua sangat penting dalam menyelesaikan maslah cyberbullying yang dialami para remaja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafira, Reva Ulfarevaulfasyaf@gmail.comI73217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Internet
Kekerasan
Remaja
Keywords: Cyberbullying; Media Sosial; Remaja.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Reva Ulfa Syafira
Date Deposited: 28 Feb 2021 09:14
Last Modified: 28 Feb 2021 09:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46821

Actions (login required)

View Item View Item