Strategi komisi pemilihan umum kota Surabaya dan Kabupaten Tuban untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu serentak 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifqi, Muhammad (2020) Strategi komisi pemilihan umum kota Surabaya dan Kabupaten Tuban untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu serentak 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rifqi_I01216026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh KPU Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu serentak 2019. Hal ini dikarenakan ada perbedaan tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu serentak 2019 di Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban. Selain itu, skripsi ini juga bertujuan mengetahui strategi KPU Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu serentak 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang terkait. Teori yang digunakan dalam melihat strategi KPU Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban untuk meningkatkat partisipasi pemilih adalah perencanaan strategis.Hasil dari penelitian adalah : Pertama, menentukan visi dan misi. Ke-dua, perencanaan dengan memetakan dan menetapkan sasaran. Ketiga, membentuk program, ke-empat, metode atau cara yang digunakan, ke-lima, kerjasama dengan ekstrernal. KPU Kota Surabaya melakukan pemetaan jenis kelamin, sosial budaya, dan 11 basis pemilih dengan sasaran pada 11 basis pemilih, adapun programnya adalah membentuk relawan demokrasi dan membentuk forum warga masyarakat sadar demokrasi (melek pemilu). Adapun KPU Kabupaten Tuban melakukan pemetaan jenis kelamin, agama, dan 11 basis pemilih, dan programnya adalah membentuk relawan demokrasi dan menggandeng kelompok perempuan untuk sosialisasi pemilu serentak 2019. Keterlibatan relawan demorasi sangat berpengaruh untuk membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Tidak hanya itu menggandeng kaum perempuan dan membentuk forum warga masyarakat sadar demokrasi (melek pemilu) dapat membantu pemahaman pemilih untuk berpartisipasi menggunakan haknya dalam pemilu serentak 2019.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifqi, MuhammadRifqim1903@gmail.comI01216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Ilyas--2018047701
Subjects: Potensi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad rifqi
Date Deposited: 28 Feb 2021 09:00
Last Modified: 28 Feb 2021 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46824

Actions (login required)

View Item View Item