الأخطاء في نطق الأصوات العربية لدى الأطفال في حديقة تعليم القرآن شفاء القلوب جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vidyasari, Annisa (2021) الأخطاء في نطق الأصوات العربية لدى الأطفال في حديقة تعليم القرآن شفاء القلوب جرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Vidyasari A91217100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor bentuk dan faktor penyebab kesalahan fonologi bahasa Arab pada santri tpq syifaul qulub dan menganalisis kesalahan fonologi dalam studi kasus pada siswa yang belajar bahasa Arab di Tpq Syifa’ul Qulub Driyorejo Gresik,. Penelitian ini menggunakan metode tahlil akhto’ dengan mengumpulkan data yakni dokumentasi, tes. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif diskriptif, yakni peneliti mengumpulkan data dari lembaran jawaban santri dengan objek yang diambil yakni santri tpq kelas 4-5 SD dan mengambil 23 santri tpq secara acak. Adapun langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk menganalisis kesalahan yakni mengumpulkan data vidio rekaman santri, kemudian, Mengidentifikasi kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, mengklarifikasi kesalahan, dan menjelaskan kesalahan. Lokasi yang diambil peniliti bertempat di tpq syifaul quluub gresik .Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan fonologi seperti, Kesalahan dalam menggunakan kesalahan pengejaan, salah membedakan karakter huruf yang saling berdekatan dengan makhrojnya, kesalahan dalam pengurangan atau penambahan huruf yang diucapkan atau tidak diucapkan. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan santri tpq syifaul quluub yaitu karena minimya kemampuan membedakan bunyi huruf, kurangnya wawasan mufrodat atau kosa kata, guru yang mengajar juga tidak kreatif dalam pembelajaran, guru dan murid kurangnya paham kaidah-kidah, menganggap bahasa arab itu sulit ,kuragnya pembelajaran menulis arab, tidah dapat membedakan huruf hijaiyah. Dan perbedaan asal sekolah yang masih ditempuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vidyasari, Annisaannisavidyasari31@gmail.comA91217100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id / bimanese@gmail.com / bimanese@yahoo.com2009097501
Subjects: Fonetik
Santri
Keywords: Analisis kesalahan; Fonologi; Fonem arab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Annisa Vidyasari
Date Deposited: 02 Mar 2021 10:33
Last Modified: 02 Mar 2021 10:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46847

Actions (login required)

View Item View Item