Analisis hukum islam dan Perka Bpom No.14 Tahun 2016 terhadap transaksi jual beli jamu tradisional yang dicampur Anggur Kolesom di Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Nisa'ul (2020) Analisis hukum islam dan Perka Bpom No.14 Tahun 2016 terhadap transaksi jual beli jamu tradisional yang dicampur Anggur Kolesom di Kec. Tanggulangin Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisa'ul Karimah_C92216190.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan di Kabupaten Sidoarjo. Untuk memperoleh data lapangan penulis melakukan wawancara (interview) dan dokumenter. Selanjutnya data yang dikumpulkan disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskripstif analisis. Pola pikir yang digunakan adalah pola pikir deduktif, yang menarik kesimpulan dari hal yang umum ke dalam hal yang khusus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, praktik jual beli jamu tradisional di Sidoarjo dengan cara pembeli datang secara langsung ke toko dengan membeli jamu yang dibutuhkan dengan ijab qabul. Kedua, Jual beli jamu tradisional di Sidoarjo yang dilarang yaitu fermentasi anggur tidak diperbolehkan dalam hukum Islam. Jamu yang dicampur anggur kolesom atau campuran lainnya yang mengandung kadar alkohol sesuai kebutuhan juga dikonsumsi sebagai obat, bukan untuk tujuan bermabuk-mabukkan itu dima’fu (dimaafkan). Namun akan lebih hati-hati lagi jika tidak menggunakan minuman yang mengandung alkohol kalau masih ada obat atau jamu lain yang khasiatnya tidak kalah dengan yang beralkohol. Karena Allah tidak menjadikan kesembuhan dari barang yang haram. Ketiga, Jual beli jamu tradisional anggur kolesom diperbolehkan asal untuk kemaslahatan juga harus sesuai PERKA BPOM yang ada. Praktik jual beli diatas maka penulis memberikan saran kepada berbagai pihak: Bagi pihak penjual jamu tradisional sebaiknya mempertimbangkan kembali masalah minuman yang beralkohol karena tidak sesuai dengan agama Islam. Kedua, Bagi pihak pembeli, kita perlu perhatikan bahwa agama Islam mengadakan halal dan haram tentunya untuk kesenjangan dan kesejahteraan untuk umat manusia sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Nisa'ulnisakarimah22@gmail.comC92216190
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtosukamto@uinsby.ac.id2012036001
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Jamu tradisional; Anggur Kolesom.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nisa'ul Karimah
Date Deposited: 03 Mar 2021 10:37
Last Modified: 03 Mar 2021 10:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46872

Actions (login required)

View Item View Item