Analisis maslahah terhadap kebijakan Taukil Wali Bil Kitabah karena Wali melebihi jarak Masafatul Qasri Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Siti Yayuk (2021) Analisis maslahah terhadap kebijakan Taukil Wali Bil Kitabah karena Wali melebihi jarak Masafatul Qasri Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Yayuk Farida_C91215154.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang dihimpun dengan menggunakan Teknik pengumpulan dokumentasi dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis dengan pola piker deduktif yang bertujuan menjelaskan secara sistematik mengenai kebijakan taukil wali bil kitabah karena jarak wali melebihi Masafatul Qas}ri yang kemudian dianalisis dalam perspektif Maṣlaḥah. Hasil penelitian mengenai kebijakan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan sukolilo mengenai taukil wali bil kitabah karena jarak wali melebihi Masafatul Qas}ri dapat disimpulkan: pertama, mengenai kebijakan taukil wali bil kitabah karena jarak wali melebihi Masa>fatul Qas}ri menurut kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Sukolilo ini merupakan sebagai wujud kehati-hatian dalam terjaganya wali nasab, sehingga wali nasab tidak kehilangan hak kewaliannya sehingga secara administratif tertulis dalam kutipan buku nikah anak kandungnya meskipun ditaukilkan ke kepala Kantor Urusan Agama (KUA) ketika akad nikah berlangsung; kedua, kebijakan taukil wali bil kitabah karena jarak wali Masa>fatul Qas}ri menurut pendapat kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan sukolilo jika dipandang dalam perspektif Mas}lah}ah maka tergolong dalam maslahah hajiyah karena Maṣlaḥah Hajīyyah karena adanya kebijakan taukil wali bil kitabah adalah untuk mempermudah calon pasangan mempelai pengantin karena wali berada pada jarak Masafatul Qas}ri . Sejalan dengan hasil penelitian tersebut maka perlunya sosialisasi lagi ke masyarakat mengenai taukil wali bil kitabah karena jarak Masafatul Qas}ri agar masyarakat tidak salah memahami konsep Masafatul Qas}ri pada jaman dahulu dengan perkembangan jaman sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Siti Yayukros.adichandra17@gmail.comC91215154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Taukil wali bil kitaba; Masafatul Qasri; Pernikaha.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: siti yayuk
Date Deposited: 09 Mar 2021 11:08
Last Modified: 10 Mar 2021 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46904

Actions (login required)

View Item View Item