Perwatakan surat dalam Sekar Sari Kidung Rahayu, Sekar Macapat Terjemahanipun Juz 'Amma karya Achmad Djuwahir Anomwidjadja: studi analisis tafsir bahasa Jawa perspektif tembang macapat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Khusna, Mauridha (2021) Perwatakan surat dalam Sekar Sari Kidung Rahayu, Sekar Macapat Terjemahanipun Juz 'Amma karya Achmad Djuwahir Anomwidjadja: studi analisis tafsir bahasa Jawa perspektif tembang macapat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mauridha Al Khusna_E93216069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha memahami Alquran terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Upaya ini berawal sejak turunnya Alquran itu sendiri. Dengan menyebarnya agama Islam ke berbagai wilayah baru, munculah upaya penerjemahan Alquran. Termasuk dengan adanya penyebaran agama Islam di Nusantara, usaha penerjemahan serta penafsiran Alquran muncul di Nusantara termasuk wilayah Jawa. Salah satu usaha penerjemahan di Jawa adalah Sekar Sari Kidung Rahayu, Sekar Macapat Terjemahanipun Juz ‘Amma. Karya ini merupakan karya terjemahan yang tertuang dalam tembang macapat yang merupakan salah satu sastra Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik yang ada pada Sekar Sari Kidung Rahayu, Sekar Macapat Terjemahanipun Juz ‘Amma, perwatakan surat, serta kontribusi terhadap perkembangan ilmu tafsir. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara dokumentasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis.Dari penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa Sekar Sari Kidung Rahayu merupakan terjemah maknawiyah yang berbentuk tembang macapat. Tembang macapat memiliki kaidah masing-masing sesuai dengan jenisnya termasuk watak tembang macapat. Di dalam karya ini ditemukan adanya kesesuaian watak antara terjemahan suatu surat dengan jenis tembang macapat yang digunakan. Karya ini memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu tafsir berupa nuansa baru “penerjemahan” Alquran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Khusna, Mauridhamauridhamau16@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulumamikhoirul93@yahoo.co.id0001614
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Budaya - Agama
Kebudayaan Jawa
Al Qur'an
Keywords: penerjemahan Alquran; watak; tembang macapat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mauridha Al Khusna
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:47
Last Modified: 04 Mar 2021 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46907

Actions (login required)

View Item View Item