Nasab anak hasil perkawinan Fasakh karena mengawini dua saudara secara bersamaan Perspektif Mazhab Hambali dan Maliki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nurul Maryami (2019) Nasab anak hasil perkawinan Fasakh karena mengawini dua saudara secara bersamaan Perspektif Mazhab Hambali dan Maliki. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Maryami Hidayah_C91216178.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara kepada informan yang berada di lapangan dan dokumentasi secara langsung untuk memperdalam data-data dan documenter terkait tempat penelitian yang kemudian dianalisis mengunakan teknik deskriptif analisis mengunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa anak hasil perkawinan yang mengawini dua saudara secara bersamaan menurut mazhab Hanafi tetap mengikuti nasab ayahnya karena dapat dipersamakan dengan anak hasil kesyubhatan. Berbeda dengan hanafi, mazhab Maliki berpendapat bahwa anak hasil perkawinan fasakh yang mengawini dua saudara secara bersamaan tidak mengikuti nasab ayahnya tetap ikut ibunya. Saran kepada orangtua hendaknya memberikan pemahanan agama lebih kepada anaknya terutama tentang batasan-batasan mahram, supaya perkawinan seperti itu tidak terjadi kembali. Dan kepada masyarakat atau tokoh agama hendaknya lebih perduli dengan lingkungan sekitar, supaya penyimpangan perkawinan tersebut tidak terjadi. Selain itu kepada lembaga terkait khususnya Kantor Urusan Agama untuk lebih memperdulikan masyarakat sekitar dengan memberikan pelatihan atau pemahaham tentang perkawinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurul Maryamiskripsisweet19@gmail.comnimC91216178
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatwa, Ahmad Fajruddinandifajruddinfatwa@yahoo.com, andifajruddinfatwa@gmail.com2013067602
Subjects: Fikih > Fikih Mazhab Hanafi
Fikih > Fikih Mazhab Maliki
Fikih
Keywords: Perkawinan; Fasakh; Madzhab.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 04 Mar 2021 11:11
Last Modified: 04 Mar 2021 11:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46923

Actions (login required)

View Item View Item