Analisis kesesuaian kompetensi inti dan kompetensi dasar Permendikbud nomor 37 tahun 2018 dengan Buku Ajar Tema Sehat Itu Penting Semester I Pada Kelas V SD/MI Dengan Kurikulum 2013 (edisi revisi 2018)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kulsum, Ummu (2021) Analisis kesesuaian kompetensi inti dan kompetensi dasar Permendikbud nomor 37 tahun 2018 dengan Buku Ajar Tema Sehat Itu Penting Semester I Pada Kelas V SD/MI Dengan Kurikulum 2013 (edisi revisi 2018). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Kulsum_D07216040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam menyusun sebuah buku ajar, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan materi Buku Ajar merupakan tiga komponen yang saling terikat dan menjadi satu kesatuan. Dengan adanya tiga komponen tersebut maka akan tercapainya implementasi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Buku ajar yang baik memiliki standar tertentu dalam penyusunannya. Dalam hal ini buku ajar dinilai dari standar yang sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kesesuaian isi suatu buku ajar sangat penting karena sebagai bahan rujukan dalam pengambilan informasi atau pengetahuan. Berdasarkan hal tersebut disusunlah rumusan masalah yaitu 1) bagaimana kesesuaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Permendikbud nomor 37 tahun 2018 dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Buku Ajar Tema Sehat Itu Penting Semester I pada Kelas V SD/MI dengan Kurikulum 2013 (edisi revisi 2018)? Dan 2) bagaimana kesesuaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Permendikbud nomor 37 tahun 2018 dengan materi Buku Ajar Tema Sehat Itu Penting Semester I pada Kelas V SD/MI dengan Kurikulum 2013 (edisi revisi 2018)? Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada Buku Ajar Tematik memiliki kesesuaian dalam penulisan redaksi dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Permendikbud meskipun ada beberapa Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang memiliki perbedaan dalam penulisan redaksinya. 2) Berdasarkan jumlah perolehan skor komponen dari analisis kesesuaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Permendikbud dengan materi adalah berkategori penilaian baik. Sedangkan berdasarkan persentase penilaian kesesuaian Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar berkategori baik dalam rangka menjadi pedoman guru dan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kulsum, Ummuukulsum1504@gmail.comD07216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Kompetensi Inti; Kompetensi Dasar; Buku Ajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ummu kulsum
Date Deposited: 07 Mar 2021 10:49
Last Modified: 07 Mar 2021 10:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46924

Actions (login required)

View Item View Item