المقابلة والمطابقة في كتاب الحكم لابن عطاء الله السكندري (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widad, Lathifatul (2021) المقابلة والمطابقة في كتاب الحكم لابن عطاء الله السكندري (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lathifatul Widad_A01217025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di dalam bahasa Arab, untuk merangkai kata agar menjadi indah tidak cukup dilakukan hanya dengan ilmu alat seperti Nahwu dan Shorof saja. Namun harus menguasai ilmu Balaghah yang memang dikhususkan untuk mempercantik kalimat juga memperdalam maknanya. Ilmu Balaghah sendiri dibagi menjadi tiga, yakni ilmu Bayan, ilmu Maáni, dan ilmu Badi’. Penelitian ini membahas dua hal yang masuk dalam ilmu Badi’yaitu Thibaq dan Muqabalah. Thibaq adalah berkumpulnya dua kata yang memiliki arti berlawanaan dalam satu kalimat. Thibaq ada dua macam yakni thibaq ijab (jenis thibaq yang kedua katanya tidak berbeda dari segi positif dan negatifnya) dan thibaq salab (jenis thibaq yang kedua katanya berbeda dari segi positif dan negatifnya). Sedangkan muqabalah adalah mengungkapkan dua makna atau lebih kemudian didatangkan makna-makna yang berlawanan dengannya secara berurutan. Penelitian ini membahas kitab al-Hikam karya Ibn Áthaillah al-Sakandari dari aspek keindahan lafad Thibaq dan Muqabalah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja macam-macam thibaq dalam kitab al-Hikam karya Ibn Áthaillah al-Sakandari? (2) Apa saja macam-macam muqabalah dalam kitab al-Hikam karya Ibn Áthaillah al-Sakandari?. Objek penelitian ini adalah kitab al-Hikam sendiri dengan menggunakan pendekatan ilmu Balaghah khususnya ilmu Badi’. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan data berupa kalimat-kalimat dalam kitab al-Hikam yang memiliki unsur thibaq dan muqabalah kemudian dhasil penelitian disajikan dalam bentuk non angka.Dapat disimpulkan bahwa dalam kitab al-Hikam karya Ibn Áthaillah al-Sakandari terdapat banyak sekali thibaq dan muqabalah dengan rincian: 64 thibaq yang terdiri dari 22 thibaq salab dan 41 thibaq ijab dan 46 muqabalah yang terdiri dari 32 muqabalah itsnain bitsnain, 12 muqabalah tsalatsah bitsalatsah, dan 2 muqabalah arbaáh biarbaáh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widad, Lathifatullathipul07@gmail.comA01217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Keywords: Muthabaqah; Muqabalah; Alhikam; Ibn athaillah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lathifatul Widad
Date Deposited: 04 Mar 2021 12:25
Last Modified: 04 Mar 2021 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46927

Actions (login required)

View Item View Item