Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad karya Imam Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwatiningsih, Indah (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad karya Imam Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Purwatiningsih_D01217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai pendidikan akhlak atau karakter, karena pendidikan akhlak sangat penting dalam kehidupan manusia agar siswa mengerti bagaimana cara mereka bersosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad karya imam Al-Ghozali dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad dengan pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan cara telaah pustaka. Sumber data yang digunakan adalah kitab Ayyuhal Walad karya imam Al-Ghozali, internet dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan yaitu: (1) nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal walad adalah nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ayyuhal Walad dengan pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional adalah relevan dengan nilai-nilai pendidikan. Dan juga relevan dengan tujuan pendidikannya yaitu terwujudnya manusia yang memiliki karakter kuat yang berdampak baik di lingkungan individu maupun masyarakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwatiningsih, Indahindahpurwatiningsih95@gmail.comD01217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter; kitab Ayyuhal Walad.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Purwatiningsih
Date Deposited: 07 Mar 2021 09:38
Last Modified: 07 Mar 2021 09:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46930

Actions (login required)

View Item View Item