Makna ahli kitab dalam Alquran perspektif hermeneutika Fazlur Rahman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Rizki Nur (2021) Makna ahli kitab dalam Alquran perspektif hermeneutika Fazlur Rahman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Nur Fitri_E03216039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna ahli kitab perspektif hermeneutika Fazlur Rahman. Dua hal yang menjadi tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan metode hermeneutika Fazlur Rahman dan mengetahui makna ahli kitab dari sisi hermeneutika Fazlur Rahman. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan pustaka (library research), metode deskriptif-analisis. Penelitian ini mengkaji serta menjelaskan metode double movement untuk mengetahui makna ahli kitab dalam Alquran perspektif Fazlur Rahman yang bersumber dari buku, jurnal, dan lainnya yang sesuai dan berhubungan dengan objek penelitian, kemudian dianalisa dengan menggunakan tafsir Ibnu Katsir untuk menjawab masalah akademik yang ada. Adapun upaya yang dilakukan ialah mengumpulkan ayat-ayat yang sesuai dengan tema penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa hermeneutika Fazlur Rahman memiliki metode yang disebut gerakan ganda, yaitu from the present situation to Quran time then back to the present. Makna ahli kitab dilihat dari sudut pandang hermeneutika Fazlur Rahman, dapat dipahami sebagai agama yang mendapat petunjuk dari Tuhan, karena petunjuk dan keselamatan bersifat universal yang tidak terbatas pada kaum dan bangsa tertentu. Ahli kitab adalah semua agama kecuali agama Islam, baik agama dari bangsa Arab, Cina, Inggris, India, dll.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Rizki Nurrizkin48.rn@gmail.comE03216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Agama
Al Qur'an
Keywords: Ahli Kitab; Alquran; Hermeneutika; Fazlur Rahman.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rizki Nur Fitri
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:16
Last Modified: 07 Mar 2021 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46932

Actions (login required)

View Item View Item