Analisis faktor-faktor yang memengaruhi Nasabah Non Muslim memiliki tabungan emas di Pegadaian Syariah: studi kasus unit Pelayanan Syariah Wonokitri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwi, Hamid (2020) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi Nasabah Non Muslim memiliki tabungan emas di Pegadaian Syariah: studi kasus unit Pelayanan Syariah Wonokitri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamid Alwi_G94216106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu menjelaskan suatu kenyataan atau fakta dari objek penelitian. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara kepada enam narasumber. Selain itu juga dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian dalam hal ini menabung emas yang dilakukan nasabah non muslim pegadaian syariah UPS Wonokitri Surabaya ada lima yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi nasabah non muslim memiliki tabungan emas di pegadaian syariah UPS Wonokitri Surabaya ada tiga faktor inti yaitu faktor psikologi, faktor sosial, dan faktor pribadi. Faktor psikologi meliputi faktor persepsi, motivasi, proses belajar, serta keyakinan dan sikap. Faktor sosial meliputi faktor kelompok referensi dan faktor keluarga. Sedangkan faktor pribadi meliputi faktor umur, kondisi ekonomi, dan gaya hidup. Saran untuk pegadaian syariah UPS Wonokitri Surabaya, lebih gencar untuk promosi produk tabungan emas dan memperbaiki sistem pegadaian syariah digital untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Untuk penulis selanjutnya yang meneliti dengan topik yang sama diharapkan mendapatkan masalah-masalah yang lebih menarik dari penulis sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwi, Hamidalwi.hamid33@gmail.comG94216106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Agama
Ekonomi Islam
Investasi
Keywords: Perilaku konsumen; Proses pengambilan keputusan; Tabungan emas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hamid Alwi
Date Deposited: 09 Mar 2021 10:47
Last Modified: 09 Mar 2021 10:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46936

Actions (login required)

View Item View Item