Death drive in magical realism in gabriel garcía márquez’ book strange pilgrims

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Rido Ranu (2021) Death drive in magical realism in gabriel garcía márquez’ book strange pilgrims. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rido Ranu Pratama_A73215129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan karakterisasi realisme magis oleh Wendy B. Faris untuk mengenali lebih dalam tentang aliran realisme magis dalam buku tersebut. Lalu, penelitian ini menjelaskan persoalan tentang elemen kematian menggunakan teori Dorongan Kematian yang digagas Sigmund Freud. Penelitian ini menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisme magis dalam tiap cerita pendek yang dipilih dan bagaimana unsur magis digunakan untuk merepresentasikan dorongan kematian. Hasil dari skripsi ini menunjukkan bahwa buku ini menganut aliran realisme magis dengan teridentifikasinya semua lima karakteristik di dalam beberapa cerita pendek, dan hasil dari studi ini pun menunjukkan bahwasanya beberapa karakter dalam cerita pendek mengalami dorongan kematian yang direpresentasikan dan diperkaya dengan munculnya kejadian dan elemen magis yang sudah dikupas di dalam buku ini. Lima karakteristik tersebut adalah unsur tak tereduksi, dunia fenomenal, keraguan yang mengganggu, penyatuan dua dunia dan kekacauan waktu, ruang dan identitas. Dorongan kematian muncul di dalam narasi buku yang bisa dilihat dari perspektif realisme magis menggunakan lima karakteristik oleh Wendy B. Faris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Rido Ranuridoranupratama97@gmail.comA73215129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaadah, Sufi Ikrimasufi_ikrima@yahoo.com2004078202
Subjects: Bahasa Inggris
Kematian
Sastra
Keywords: Magical realism; Death drive.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Rido Ranu Pratama
Date Deposited: 07 Mar 2021 12:00
Last Modified: 07 Mar 2021 12:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46942

Actions (login required)

View Item View Item