Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil Belajar anak selama Pembelajaran Daring Tema 3 Subtema 3 Siswa Kelas 3 Mi Nurul Hidayah Rancang Kencono Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidzoh, Khoiriyatul (2021) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil Belajar anak selama Pembelajaran Daring Tema 3 Subtema 3 Siswa Kelas 3 Mi Nurul Hidayah Rancang Kencono Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoiriyatul Hafidzoh_D97217058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah mengenai pola asuh orang tua. Dimana pola asuh orang tua sangat disorot ketika pembelajaran daring seperti ini, sebab anak banyak menghabiskan waktu dan aktivitasnya di rumah, apabila orang tua tidak memberikan kontrol yang baik terhadap anak maka, anak akan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain padahal saat itu adalah waktunya anak untuk belajar. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada wali kelas bahwasanya ketika pembelajaran daring seorang anak membutuhkan arahan dan bimbingan dari orang tuanya, sebab jika anak diberi kebebasan tanpa pengawasan maka akan berdampak pada hasil belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini : 1) Untuk mengetahui model pola asuh orang tua selama pembelajaran daring kelas 3 Tematik Tema 3 Subtema 3 di MI Nurul Hidayah Rancang Kencono Lamongan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar anak di bawah pola asuh orang tua selama pembelajaran daring kelas 3 Tematik Tema 3 Subtema 3 di MI Nurul Hidayah Rancang Kencono Lamongan. 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar anak selama pembelajaran daring kelas 3 Tematik Tema 3 subtema 3 di MI Nurul Hidayah Rancang Kencono Lamongan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu jenis analisis statistik yang berusaha untuk mencari hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Uji hipotesis dengan menggunakan rumus teknik analisis Chi Square/Khi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pola asuh orang tua selama pembelajaran daring di MI Nurul Hidayah terdapat 3 pola asuh yang diterapkan antara lain yaitu demokratis, permisif, dan otoriter. Dimana pola asuh demokratis adalah orang tua senantiasa memberikan pengawasan, arahan dan bimbingan pada anak. Pola asuh otoriter yaitu pola asuh dengan menjadikan kehendak orang tualah yang utama tanpa menghiraukan keinginan anak. Adapun pola asuh permisif yaitu orang tua yang memberi kebebasan sepenuhnya pada anak tanpa adanya kontrol. 2) Hasil belajar anak dibawah pola asuh orang tua (demokratis, permisif, otoriter) mata pelajaran tematik tema 3 subtema 3 PB 1-6 mendapatkan rata-rata 81,23 maka dapat dikatakan BAIK. 3) pengaruh pola orang tua terhadap hasil belajar siswa, diketahui X2 hitung (13,0293) ≥ X2 tabel (9,488) maka Ho ditolak jadi Ha diterima. Sehingga ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidzoh, Khoiriyatulhafidzohkhoiriyatul@gmail.comD97217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Thesis advisorSiraj, Taufik--2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pola Asuh; Orang Tua; Hasil Belajar; Tematik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hafidzoh Khoiriyatul
Date Deposited: 07 Mar 2021 12:52
Last Modified: 07 Mar 2021 12:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46945

Actions (login required)

View Item View Item