Pemberdayaan masyarakat berbasis CSR PT Astra Honda Motor di Kelompok Usaha Bersama NUP perspektif etika bisnis islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awwaliyah, Anggun Saidatul (2020) Pemberdayaan masyarakat berbasis CSR PT Astra Honda Motor di Kelompok Usaha Bersama NUP perspektif etika bisnis islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Saidatul Awwaliyah_G94216151.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian dihimpun dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan dalam penelitian ini yaitu pihak perusahaan pemberi dana CSR, serta pihak penerima manfaat dana CSR yang meliputi pengelola dan anggota Kelompok Usaha Bersama NUP. Selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat berbasis CSR PT Astra Honda Motor di Kelompok Usaha Bersama NUP menggunakan pola pendekatan multiple approach dengan sistem kemitraan dan bagi hasil dalam pelaksanaan usahanya. Adanya pemberdayaan berbasis CSR di Kelompok Usaha Bersama NUP membawa dampak positif yakni adanya peningkatan pendapatan khususnya bagi para pengelola serta mitra kelompok usaha bersama. Prinsip etika bisnis Islam yang telah diterapkan dalam pola pemberdayaannya diantaranya adalah : kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, serta kebenaran : kejujuran dan kebajikan. Sementara itu, prinsip etika bisnis Islam yang belum diterapkan secara keseluruhan adalah prinsip tanggung jawab. Prinsip tersebut tidak dapat diterapkan secara keseluruhan dikarenakan anggota umum Kelompok Usaha Bersama yang masih cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses pemberdayaan. Berdasarkan hal itu, maka saran yang diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama NUP adalah dengan melibatkan masyarakat secara aktif di setiap tahap pemberdayaan, mengajak seluruh anggota kelompok dalam pertemuan rutin untuk melakukan evaluasi program serta mendiskusikan rencana program periode berikutnya, serta lebih meningkatkan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti pertemuan rutin dan pelatihan yang bertujuan untuk membangun jiwa kewirausahaan masyarakat agar kemandirian masyarakat meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awwaliyah, Anggun Saidatulanggunsaidatuls@gmail.comG94216151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; CSR; Kelompok Usaha Bersama; Etika bisnis Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggun Saidatul Awwaliyah
Date Deposited: 08 Mar 2021 11:08
Last Modified: 08 Mar 2021 11:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46949

Actions (login required)

View Item View Item