Analisis kotrak kerja terhadap kesejahteraan ABK sektor nelayan perspektif ekonomi syariah di Desa Sarangmeduro Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Ani (2020) Analisis kotrak kerja terhadap kesejahteraan ABK sektor nelayan perspektif ekonomi syariah di Desa Sarangmeduro Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Yayuk Farida_C91215154.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan informan dalam penelitian ini, yakni masyarakat nelayan di Desa Sarang Meduro dan berbagai pihak yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kontrak kerja yang dilakukan oleh warga nelayan Desa Sarang Meduro merupakan sistem kontrak kerja yang sudah turun temurun, dimana pekerjaan nelayan tersebut merupakan mayoritas mata pencaharian utama warga di Desa Sarang Meduro. Secara tidak sadar warga nelayan Desa Sarang Meduro telah menerapkan kaidah-kaidah Islam. Seperti akad Muzaro’ah yang ada pada kontrak kerja nelayan tersebut dalam pembagian hasil maro atau paroan. Keadaan Warga nelayan Desa Sarang Meduro bisa dikatakan mereka hidup dengan sejahtera berdasarkan bidang ketenaga kerjaan, yakni mereka dimudahkan dalam mencari pekerjaan yaitu terbukanya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh para majikan kapal. Tempat tinggal yang ditempati setiap tahun ada perubahan yang semula terbuat dari anyaman bambu, sekarang rata-rata dibangun dari batu bata. dengan adanya kontrak kerja seperti yang telah diterapkan oleh warga nelayan ini bisa membantu untuk mendongkrak perekonomian warga nelayan Desa Sarang Meduro. Serta keadaan warganya yang selalu ada perkembangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Anianifatmawati85@gmail.comG04216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyfaq@uinsby.ac.id2016017501
Subjects: Bagi Hasil
Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Kontrak kerja; Kesejahteraan; Nelayan; Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ani Ani Ani Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:58
Last Modified: 10 Mar 2021 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46971

Actions (login required)

View Item View Item