Fenomena Fanwar di kalangan penggemar K-Pop pada media sosial Instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianti, Witri (2021) Fenomena Fanwar di kalangan penggemar K-Pop pada media sosial Instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Witri Yulianti_I73217049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pertengkaran antara penggemar K-Pop yang seringkali terjadi di beberapa Portal berita K-Pop. Penggemar saling menyindir satu sama lain sehingga menimbulkan adu argumen dalam komentar antar penggemar. Banyak sekali faktor yang menyebabkan fanwar antar penggemar. Beberapa pokok permasalahan yang dibedah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana fenomena fanwar antar penggemar K-Pop pada media sosial Instagram, 2) hal-hal apa saja yang menyebabkan fanwar antar penggemar. Jenis penelitian ini menggunkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan juga dengan etnografi virtual. Penelitian ini dibedah dengan merujuk pada teori Filture Bubble (filter Gelembung) Eli Pariser. Penemuan dari penelitian tersebut meliputi: 1) Fanwar terjadi karena ada yang memuali terlebih dahulu seperti menyindir idol/fans dari grup idol lain, tittle yang disandang oleh idol kerpkali menjadi perdebatan antar penggemar, informasi negatif yang terdapat pada komentar dan unggahan lainnya tentang idol juga dapat memicu terjadinya fanwar, 2) penggemar yang terlibat dalam fanwar mereka cenderung hanya berkomunikasi dengan sesama kelompok penggemar, dengan mengikuti akun fanbase, account protect bahkan mengikuti akun haters yang sama, sehingga informasi yang dikonsumsi merupakan informasi yang sama yang telah diyakini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianti, Witriwitriyulianti27@gmail.comI73217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Konflik sosial
Budaya
Musik
Keywords: Fanwar; K-Pop.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Witri Yulianti Yulianti
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:40
Last Modified: 10 Mar 2021 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46994

Actions (login required)

View Item View Item