Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah Matematika dibedakan dari Tipe Kepribadian Big Five

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Fani Rahma (2021) Analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah Matematika dibedakan dari Tipe Kepribadian Big Five. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fani Rahma Sari_D04216012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menganalisis dan mengevaluasi suatu masalah disertai dengan alasan atau penjelasan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah matematika dibedakan dari tipe kepribadian Big Five. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tipe kepribadian Big Five, tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari sepuluh peserta didik dengan ketentuan dua peserta didik memiliki tipe kepribadian Extraversion, dua peserta didik memiliki tipe kepribadian Agreeableness¸ dua peserta didik memiliki tipe kepribadian Neuroticism, dua peserta didik memiliki tipe kepribadian Conscientiousness, dan dua peserta didik memiliki tipe kepribadian Openness dari kelas XI MIPA 1 MAN 1 Mojokerto. Data hasil tes tulis pemecahan masalah dan wawancara tersebut dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Extraversion memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis sedang (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Agreeableness memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis sangat rendah (3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Neuroticism memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis rendah (4) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Conscientiousness memenuhi karakteristik tingkat kemampuan berpikir kritis sedang (5) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki tipe kepribadian Openness memenuhi karakteristik kemampuan berpikir kritis tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Fani Rahmafanirahmasari0615@gmail.comD04216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Masalah Matematika; Tipe Kepribadian Big Five.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fani Rahma Sari
Date Deposited: 10 Mar 2021 10:25
Last Modified: 10 Mar 2021 10:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47002

Actions (login required)

View Item View Item