Peranan Ziryab terhadap perkembangan peradaban Islam dalam Bidang Seni Musik pada masa Dinasti Umayyah II di Andalusia Tahun 822-857 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Rohmah (2021) Peranan Ziryab terhadap perkembangan peradaban Islam dalam Bidang Seni Musik pada masa Dinasti Umayyah II di Andalusia Tahun 822-857 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmah Izzah_A02217037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan menggunakan pendekatan sosiologi diharapkan pendekatan ini mampu menjelaskan mengenai bagaimana interaksi yang dilakukan oleh Ziryab dalam menjalankan perannya di tengah masyarakat sehingga peran yang ia lakukan mampu memberikan manfaat dalam mengembangkan peradaban Islam. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori peran yang dikembangkan oleh Levinson. Sedangkan metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penulisan sejarah yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Heuristik, Verifikasi, Interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1). Perkembangan seni musik telah dimulai sejak masa pra Islam, masa awal Islam perkembangan selanjutnya yaitu pada masa Dinasti Umayyah di Damaskus dan Dinasti Abbasiyah di Baghdad dan kemudian puncak perkembangan musik yaitu pada masa Dinasti Umayyah II di Andalusia. (2). Ziryab alias Abu l-Hasan Ali bin Nafi’lahir pada tahun 789 M, ia merupakan musisi kondang yang pernah berkarir di Istana Harun Ar-Rasyid di Baghdad, dan diasingkan ke ke dianasti Aghlabiyah Tunisia, dan kemudian ia berkarir di istana Cordoba Andalusia. (3). Diantra langkah strategis yang dilakukan Ziryab dalam mengembangkan seni musik di Andalusia yaitu mendirikan sekolah musik dengan metode pengajarannya sendiri, membuat bengkel musik dan memperkenalkan ‘Ud serta merevolusi musik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Rohmahfiezha1998@gmail.comA02217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwiprodispi1975@gmail.com2021127702
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Andalusia; Dinasti Umayyah II; Peranan; Seni Musik; Ziryab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: izzah rohmah
Date Deposited: 10 Mar 2021 10:46
Last Modified: 10 Mar 2021 10:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47004

Actions (login required)

View Item View Item