Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model fera (focus, explore, reflect and apply) berbasis phet interactive simulation untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Naila (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model fera (focus, explore, reflect and apply) berbasis phet interactive simulation untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila Karimah_D04216023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis mempunyai peranan penting dalam pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika dalam mempersiapkan peserta didik menjadi generasi atau sumber daya manusia yang unggul dan mampu berdaya saing di abad ke-21. Namun peranan penting ini tidak sejalan dengan fakta yang ada di lapangan, masih banyak kegiatan pembelajaran yang cenderung pasif yaitu hanya berpusat pada guru sehingga kurang dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) berbasis PhET Interactive Simulation untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dimana, aplikasi PhET Interactive Simulation digunakan pada fase explore. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran model FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply) berbasis PhET Interactive Simulation untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMAN 1 Porong, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi trigonometri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal keterampilan peserta didik pada SMAN 1 Porong masih tergolong rendah serta proses pembelajaran pada SMAN 1 Porong masih menggunakan model konvensional yang hanya berpusat pada guru. Selanjutnya, untuk proses pembuatan prototipe I yang menghasilkan RPP dan LKPD model FERA berbasis PhET Interactive Simulation untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Kemudian, perangkat pembelajaran memperoleh kategori “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,34 dan LKPD sebesar 4,27. Perangkat pembelajaran telah dinilai “praktis” dengan rata-rata penilaian B yang artinya perangkat pembelajaran digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Nailanailakarimah01@gmail.comD04216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keterampilan berpikir kritis; Model FERA (Focus, Explore, Reflect and Apply); PhET Interactive Simulation.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Naila Karimah
Date Deposited: 14 Mar 2021 08:54
Last Modified: 14 Mar 2021 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47010

Actions (login required)

View Item View Item