Gerakan Ekoteologi dalam Organisasi Masyarakat Keagamaan Nahdlatul Ulama: Studi Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafia, Moh. Zidni Ilman (2021) Gerakan Ekoteologi dalam Organisasi Masyarakat Keagamaan Nahdlatul Ulama: Studi Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zidni Ilman Nafia_E01215015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis serta mengkaji lebih dalam perihal sebuah Gerakan sosial yang berlandaskan pada Ekoteologi. Lebih dalam lagi bagaimana konsep pemikiran ini bisa tersebar luas dan bahkan menjadi landasan dalam Gerakan sosial yang dilakukan oleh Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam. Dalam pengertian umum sendiri Ekoteologi terbagi menjadi dua bahasa, yakni Ekologi dan Teologi. Ilmu yang membahas terkait lingkungan hidup dan dikorelasikan pada tataran keimanan seseorang. Meskipun pada dinamikanya pemikiran ini belum dirumuskan secara pasti, namun dalam disiplin ilmu pemikiran ini jauh berkembang hingga menjadi sebuah landasan dalam sebuah Gerakan sosial yang menentang sebuah perusakan ekosistem. Dalam penulisan ini sendiri, pengumpulan data menggunakan dua acara, yaitu melalui wawancara dan juga dari beberapa sumber buku maupun tulisan ilmiah. Ada beberapa tokoh yang mempunyai prespektif sendiri terkait dengan Ekoeologi seperti Sayyed Husein Nasr, Badiuzzaman Said Nursi,dan lain sebagainya. Secara ide maupun gagasan, FNKSDA sendiri belum merumuskan ekoteologi, namun dalam gerakannya atau advokasinya, FNKSDA telah melakukan aspek-aspek yang teologis dalam pandangan Ekoteologi sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafia, Moh. Zidni Ilmanzidni576@gmail.comE01215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Lingkungan Hidup
Organisasi Masyarakat
Keywords: Gerakan Sosial; Ekoteologi; FNKSDA.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Moh. Zidni Ilman Nafia
Date Deposited: 14 Mar 2021 09:03
Last Modified: 14 Mar 2021 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47013

Actions (login required)

View Item View Item