Strategi Pengembangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianto, Faizal (2021) Strategi Pengembangan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizal Yulianto_G05217008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung terhadap ketua dan admin UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya beserta anggota UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak enam orang, terdiri dari ketua, admin dan empat anggota UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Wakil Dekan II dari beberapa fakultas yang berada di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan yang telah dilakukan UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya meliputi, perubahan SK Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi SK UPZ Badan Amil Zakat Nasional Jawa Timur, melakukan studi banding ke UIN Sumatra Utara dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang mempunyai lembaga atau unit pengelola zakat, serta melakukan penghimpunan melalui tiga cara yaitu, menjemput zakat secara langsung ke muzakki, tranfer bank, dan melalui kode barcode. Strategi pengembangan yang telah dilakukan UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya kurang maksimal. Faktor pendukung pengembangan UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya meliputi, dukungan kebijakan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, adanya legalitas sebagai UPZ dari BAZNAS Jawa Timur, keikhlasan amil atau pengurus UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya dan sarana dan prasarana yang memadai dalam mengelola dana zakat. Faktor penghambat pengembangan UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya meliputi, jumlah sumber daya yang kurang memadai, minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya, lemahnya penerapan sistem atau perinsip manajemen organisasi, belum melakukan kerjasama dengan lembaga zakat yang berada diluar kampus, SK UPZ BAZNAS Jawa Timur Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja UPZ kurang diterapkan secara maksimal, rendahnya dukungan dari civitas akademik UIN Sunan Ampel Surabaya, penerapan teknologi yang digunakan oleh UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya masih rendah dan ketegasan rektor UIN Sunan Ampel Surabaya dalam mewajibkan dosen mengeluarkan zakatnya di lembaga kampus masih kurang. Adapun saran bagi pembaca dapat lebih mendukung segala kegiatan UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya dan bagi UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya semoga penelitian yang telah dilakukan memberikan keilmuan serta pengetahuan mengenai strategi pengembangan yang tepat dan diterapkan di UPZ UIN Sunan Ampel Surabaya agar pengelolaan dana zakat lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianto, Faizalfaizalyulianto21@gmail.comG05217008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Strategi Pengembangan; Unit Pengumpul Zakat (UPZ).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Faizal Yulianto
Date Deposited: 14 Mar 2021 08:44
Last Modified: 14 Mar 2021 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47017

Actions (login required)

View Item View Item